EKONOMI

Senin, 17 Juni 2019 | 16:10 WIB

PLTD PLN Siap Gunakan Biodesel Sampai B60

Indra Hendriana
PLTD PLN Siap Gunakan Biodesel Sampai B60
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pelaksana tugas (Plt) Direktur Utama PT. PLN (Persero), Djoko Abumanan mengatakan, pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) miliknya bisa menggunakan biodiesel sampai B60.

Dengan demikian, PLTD miliknya sangat siap menggunakan B30 atau campuran 30% minyak kelapa sawit dengan solar. Ini karena PLTD milik PLN sudah dilakukan pembaharuan.

"PLTD yang sudah kami perbaruhi itu sudah complay semua sampai B60. PLTD PLN siap saja dengan program B.30," kata Djoko pada awak media, Jakarta, Senin (17/6/2019).

Djoko mengatakan, saat ini setidaknya sudah ada 4.435 unit PLTD yang sudah siap menggunakan Biodiesel. Kata dia, 4.435 unit PLTD itu tersebar di seluruh Indonesia. Dari 4.435 unit tersebut saat ini total kapasitas listrik terpasangnya sebesar 4.077 megawatt.

"Jadi kalau mau pakai B30 juga kapan saja mau masuk bisa saja," kata dia.

Menurut Direktur Bioenergi Ditjen EBTKE Kementerian ESDM Andriah Feby Misna mengatakan, PLTD PLN yang sudah memakai B.30 sendiri, tercatat ada 11. Kata dia, ini dalam rangka uji coba.

"Kalau yang tercatat di kami ada sekitar 11 unit PLTD yg pakai B30. Ini dalam rangka uji coba juga dulu, lainnya masih B.20, tetapi infonya sudah bisa complay apabila memakai B.30," ujar Feby saat dihubungi, Ahad (16/6).

Sementara menurut Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM, Rida Mulyana menjelaskan proyek B30 saat ini memang menjadi fokus pemerintah. Tahapan uji coba dan juga hingga kepada pembangkit memang digalakkan oleh pemerintah agar bisa menekan kebutuhan atas impor solar.

Untuk di sektor kelistrikan sendiri, kata Rida, memang ada beberapa pembangkit yang masih belum bisa memakai Biodiesel. Namun, angkanya sangat kecil. Namun, PLN sendiri kata Rida lebih dulu mengoperasikan PLTD dengan komposisi B30 di beberapa pembangkitnya.

"Waktu B20 dimulai pembangkit udah ada yang B30. Ada yang bisa, ada yang gak bisa. Ada yang bisa tuh malah B.30. Lupa tapi berapa jumlahnya," kata Rida.[jat]

#PLN
BERITA TERKAIT
Menakar Masa Depan Pembangkit Setrum Batubara
(Kalbar) Ini Pelanggan Premium Pertama Tegangan Rendah PLN
PLN: Teknologi PLTU Bisa Tangkap dan Endapkan Debu
PLTA Rajamandala Perkuat Kelistrikan Jawa-Bali
(Launching Internet Desa) ICON+Bidik Pengembangan Teknologi Komunikasi
PLN Resmikan PLTA Rajamandala Berkapasitas 47 MW
(Siapkan Pakar Hukum Energi) PLN Gandeng University Of Aberdeen

kembali ke atas