TEKNOLOGI

Selasa, 18 Juni 2019 | 15:30 WIB

Xiaomi, OPPO, Vivo Juga Sudah Jajal OS Hongmeng

Xiaomi, OPPO, Vivo Juga Sudah Jajal OS Hongmeng
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Beijing - Huawei diketahui tengah mengembangkan HongMeng sebagai sistem operasi pengganti Android. Tak hanya Huawei, vendor smartphone asal China lainnya seperti Xiaomi, OPPO, dan Vivo pun turut mencoba sistem operasi ini.

Mengutip Global Times, Huawei kini tengah gencar menguji coba HongMeng yang kabarnya akan dirilis pada tahun ini. Dalam uji coba tersebut, Xiaomi, OPPO, dan Vivo juga mengirimkan tim internal untuk ikut mencicipi sistem operasi tersebut.

Hasilnya, HongMeng diklaim bisa mendongkrak performa smartphone 60 persen lebih cepat dibandingkan jika menggunakan sistem operasi Android.

Dalam pengembangan sistem operasi ini Huawei tak bekerja sendirian. Selain dengan Xiaomi, OPPO, dan Vivo, Huawei juga menggandeng Tencent untuk turut meningkatkan kinerja HongMeng.

Sayangnya, baik Tencent maupun Xiaomi, menolak untuk berkomentar terkait kabar tersebut.

Huawei sendiri mempercepat pembuatan sistem operasi ini setelah Pemerintah AS memasukkan nama Huawei ke dalam daftar hitam perdagangan bernama 'entity list'.

Perusahaan yang masuk dalam daftar tersebut tidak diperkenankan membeli komponen dalam bentuk software dan hardware ke perusahaan asal AS, tanpa seizin Pemerintah AS.

Sehingga, Huawei berpotensi kehilangan lisensi sistem operasi Android yang notabene dimiliki oleh Google yang merupakan perusahaan asal AS.

Beberapa analis mengungkapkan bahwa sistem operasi HongMeng diduga akan mulai dibenamkan pada perangkat Huawei P40 mendatang.

#Hongmeng #Huawei #OS #OPPO #Xiaomi #Vivo
BERITA TERKAIT
Tampil Stylish, Vivo S1 Resmi Hadir di Indonesia
Xiaomi Mi CC9 Menjelma Jadi Mi A3?
Vivo S1 Resmi Dijual Rp3,6 Juta di Indonesia
Huawei Akan PHK Ratusan Karyawan di AS
Pengganti Android, Huawei Patenkan Harmony
Huawei Siap Luncurkan Smartphone 5G Pertama
Vivo Buka Jalur Pemesanan untuk Vivo S1 Series

kembali ke atas