NASIONAL

Selasa, 18 Juni 2019 | 11:14 WIB

2 Calon Rektor UIN Kembali Diperiksa KPK

Ivan Setyadhi
2 Calon Rektor UIN Kembali Diperiksa KPK
Juru Bicara KPK Febri Diansyah (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa dua calon rektor Universitas Islam Negeri (UIN) terkait kasus dugaan suap jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag).

Keduanya yakni Farid Wajdi Ibrahim Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh periode 2014-2018 dan Syahrizal, Guru Besar UIN Ar-Raniry. Keduanya diketahui merupakan calon rektor UIN Ar-Raniry untuk periode 2018-2023.

"Saksi Farid Wajdi Ibrahim dan Syahrizal akan diperiksa untuk tersangka RMY (Romahurmuziy)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (18/6/2019).

Keduanya diperiksa untuk mendalami informasi adanya dugaan suap jual beli jabatan rektor di perguruan tinggi di bawah naungan Kemenag. Selain itu, keduanya juga diduga akan ditelisik soal peran Romahurmuziy dalam jual beli jabatan.

Dalam kasus ini KPK menetapkan mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy alias Rommy sebagai tersangka kasus dugaan suap pengisian jabatan di Kementerian Agama (Kemenag). Rommy diduga menerima suap sebesar Rp 300 juta terkait seleksi jabatan di lingkungan Kemenag tahun 2018-2019.

Selain Rommy KPK juga menetapkan dua orang lainnya yakni, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik, Muhammad Muafaq Wirahadi (MFQ) dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Timur, Haris Hasanuddin (HRS). Keduanya diduga menyuap Rommy agar mendapatkan jabatan di Kemenag.

Dalam memainkan pengisian jabatan di Kemenag, Rommy dibantu pihak internal Kemenag. KPK pun sudah mengantongi nama oknum tersebut. Hanya saja lembaga antirasuah masih menutup rapat siapa oknum tersebut.

KPK juga sudah menggeledah beberapa ruangan di Kemenag. Salah satunya ruangan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin. KPK menenukan uang Rp 180 juta dan USD 30 ribu saat menggeledah ruang kerja Lukman yang merupakan kader di partai yang dipimpin Rommy. [rok]

#KPK
BERITA TERKAIT
KPK Diminta Kaji Soal Dugaan Korupsi PT KBN
Taufik Kurniawan Divonis 6 Tahun Bui
KPK Periksa Pejabat Pengadilan Tinggi Jakarta
Putusan MA Syafruddin Jadi Acuan Kasus Sjamsul
13 Tas Penuh Uang Disita dari Rumah Gubernur Kepri
KPK Cegah Saksi Penting Dikasus Bowo
(Kasus Bowo) KPK Ultimatum Kakak Beradik Nazaruddin Kooperatif

kembali ke atas