EKONOMI

Selasa, 18 Juni 2019 | 18:50 WIB

Pasokan Konsentrat AMNT untuk Dalam Negeri Aman

Indra Hendriana
Pasokan Konsentrat AMNT untuk Dalam Negeri Aman
Presiden Direktur Amman Mineral Rahmat Makkasau

INILAHCOM, Jakarta - PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) menyatakan, bila pasokan konsentrat tembaga perusahaan ke dalam negeri meningkat dibandingkan tahun lalu. Ini menyusul meningkatnya permintaan dari PT Smelting.

Presiden Direktur Amman Mineral Rahmat Makkasau menjelaskan, peningkatan pasokan ke PT Smelting pada tahun ini cukup signifikan dibandingkan dengan tahun lalu ataupun rata-rata konsentrat tembaga yang biasa dikirimkan sebelum-sebelumnya. Konsekuensi dari permintaan PT Smelting yang meningkat adalah jumlah ekspor yang ikut tergerus.

"Ekspor tahun ini lebih rendah. Tadinya sekitar 300 ribu ton tapi kan ke Gresik (PT Smelting) hampir 100 ribu ton, banyak ke Gresik," kata Rahmat di Jakarta, Selasa (18/6/2019).

Menurut Rahmat, jumlah konsentrat tembaga untuk PT Smelting tahun ini memang terbilang besar karena tahun sebelumnya saja pasokannya hanya sekitar 20 ribuan ton.

Kata dia, penyebab meningkatnya permintaan dari Smelting adalah anjloknya pasokan dari salah satu pemasok utama mereka yakni dari PT Freeport Indonesia.

Dia menjelaskan tidak ada permintaan pasti konsentrat tembaga dari Smelting. Selama ini permintaannya pun berdasarkan kebutuhan yang tidak diproyeksikan selama setahun.

"Selama ini tidak kepastian karena lebih banyak dari Freeport. Kalau Freeport turun ya banyak permintaan ke kita, Kalau kita sih maunya ke Gresik semua karena lebih murah. Tahun lalu 20 ribuan ton," ujar dia.

Adapun kuota ekspor konsentrat dengan volume sebesar 336 ribu ton. Volume ekspor yang diminta Amman pada 2019, menurun 25,3% dibanding rekomendasi yang diberikan tahun lalu sebesar 450 ribu ton.

Rahmat menjelaskan ada tiga negara yang selama ini jadi tujuan ekspor konsentrat tembaga yakni Filipina, Jepang dan Korea Selatan. Untuk tahun ini Filipina merupakan sasaran ekspor terbesar Amman Mineral. [ipe]

#AMNT #Smelter #KonsentratTembaga
BERITA TERKAIT
Hilirisasi Minerba Bakal Mangkrak, Ini Penyebabnya
Listrik Mahal,Bos Inalum Khawatir Smelter Bangkrut
Dirjen Minerba Sesumbar 2020 41 Smelter Terbangun
PLN Siap Dukung Balapan Mobil Listrik di Jakarta
PLN Bentuk Road Map K3 Zero Accident di 2023
(Dampingi Kunker DPR) Kementan Dorong Serap Gabah Panen Gadu
PLB Jadi Andalan Industri Tekstil & Produk Tekstil

kembali ke atas