NASIONAL

Selasa, 18 Juni 2019 | 20:51 WIB

Tak Penuhi Syarat, KM Arim Jaya Nekat Menyeberang

Tak Penuhi Syarat, KM Arim Jaya Nekat Menyeberang
(beritajatim)

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kalianget Supriyanto menegaskan KM Arim Jaya yang tenggelam di Perairan Sumenep, Madura tidak memenuhi persyaratan untuk penyeberangan penumpang.

Adapun syarat yang tidak dipenuhi yakni terkait dengan jumlah penumpang serta mengambil penumpang dari pelabuhan ilegal atau tidak resmi. "Ya namanya di daerah kepulauan itu kondisinya seperti itu. Sehingga tanpa memperhatikan unsur keselamatan," ujarnya.

Bahkan kapal yang digunakan itu bukanlah kapal untuk mengangkut penumpang, tapi untuk ikan. Mengenai hal itu pihaknya mengaku telah memperingatkan berkali-kali melalui sosialisasi di media, namun tidak digubris.

"Diabaikan oleh ABK, bukan untuk ngangkut penumpang, ini untuk cari ikan. Ini bukan untuk penumpang orang. Kita sudah sosialisasi tidak henti-hentinya," katanya.

Sebelumnya sebuah kapal motor berpenumpang 57 orang tenggelam di Perairan Sumenep, antara Pulau Sapudi dengan Pulau Giliyang.

Dari musibah itu sebanyak 17 penumpang tewas tenggelam dan satu orang masih belum ditemukan. Sedangkan 39 penumpang lainnya masih menjalani perawatan setelah dievakuasi oleh petugas bersama dengan warga setempat.

#KMArimJaya
BERITA TERKAIT
Jokowi Lantik Perwira TNI-Polri di Istana
Lahan Bambu di Pamekasan Terbakar
Gempa Jembrana Bali, Ini Analisis dan Imbauan BMKG
Andre Rosiade : Kasihan Lihat Demokrat Panik
Mangkir Lagi, KPK Bakal Panggil Adik Nazaruddin
Gempa di Bali, Warga Banyuwangi Berhamburan
TNI AL Gagalkan Penyelundupan 21 Kg Sabu di Kepri

kembali ke atas