NASIONAL

Selasa, 18 Juni 2019 | 23:01 WIB

Khofifah: Harusnya Data Kuantitatif Buktikan TSM

Ahmad Farhan Faris
Khofifah: Harusnya Data Kuantitatif Buktikan TSM
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan untuk membuktikan adanya kecurangan secara terstruktur, sistematis dan masif harus membawa bukti data bersifat kuantitatif bukan kualitatif.

Khofifah angkat bicara mengenai hal ini karena sengketa Pilkada Jawa Timur 2008 dijadikan dalil gugatan hasil pemilu presidrn oleh pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Ya kalau ini (kecurangan) bilang masif mestinya kuantitatif. Ini (kecurangan) terjadi di sini sekian, di sini sekian. Maka terstruktur, sistematis, massif, kata Khofifah di Kompleks Kepresidenan, Selasa (18/6/2019).

Selain itu, Khofifah mengatakan untuk membuktikan adanya kecurangan TSM (terstruktur, sistematis dan masif) tentu harus didukung juga oleh saksi-saksi. Misal, berapa TPS (tempat pemungutan suara) yang tidak signifikan.

Kalau aku dulu itu orangnya datang melaporkan, kok jadinya begini. Sambil nangis-nangis, kok ibu kalah gitu lho. Kalau dulu cari saksi ya setengah mati, ini mereka sendiri datang dan bersedia jadi saksi, ujarnya.

Maka dari itu, Khofifah mengatakan data yang harus ditunjukkan secara kuantitatif untuk membuktikan terjadinya TSM. Bahkan, Khofifah kembali menyindir karena MK sempat dipelesetkan sebagai Mahkamah Kalkulator.

Kalau masifnya mbok secara kalkulatif, katanya kalkulator. Secara kuantitatif. Itu semuanya bisa dibuktikan, tandasnya. [adc]

#Khofifah #Jokowi
BERITA TERKAIT
(Jokowi Bertemu Prabowo) Pertemuan Jokowi di MRT Jadi Gaya Diplomasi Budaya
Jokowi-Prabowo Akan Bertemu Lagi Jelang Pelantikan
(Usai Pertemuan dengan Jokowi) Prabowo akan Kumpulkan Dewan Pembina Gerindra
Postingan Hina Presiden, Faisal Ditangkap Polisi
Ryamizard Dinilai Layak Dipertahankan di Kabinet
Jokowi Minta Kepala Daerah Serius Selesaikan PLTSa
Kepada TNI/Polri, Jokowi: Tantangan Semakin Berat

kembali ke atas