DUNIA

Rabu, 19 Juni 2019 | 06:35 WIB

Mohammed Morsi Dimakamkan di Kairo

Mohammed Morsi Dimakamkan di Kairo
(Foto: voanews)

INILAHCOM, Kairo--Mantan Presiden Mesir Mohammed Morsi, kepala negara pertama yang dipilih secara demokratis di negara itu yang kemudian digulingkan dari kekuasaannya, telah dimakamkan pada hari Selasa (18/6/2019), sehari setelah jatuh di dalam gedung pengadilan Kairo.

Seorang anggota tim pengacara Morsi mengatakan para anggota keluarga menghadiri sholat jenasah di masjid penjara Tora, diikuti oleh penguburan di sebuah makam di ibukota distrik Nasr City, Kairo timur.

Putra Morsi, Ahmed, mengatakan bahwa badan-badan keamanan menolak untuk mengizinkan Morsi dimakamkan di pemakaman keluarga di kota kelahirannya di Provinsi Sharqia. Sebagai gantinya dia dikebumikan di pemakaman Kairo yang diperuntukkan khusus bagi para tokoh Islam terkemuka.

Para pejabat mengatakan, Morsi yang berusia 67 tahun baru saja berbicara di pengadilan Kairo itu dalam sidang atas tuduhan spionase ketika ia pingsan. Mereka mengatakan Morsi berbicara selama lima menit dari dalam kerangkeng dalam sidang itu dan beberapa menit kemudian dia jatuh ke lantai.

Televisi pemerintah mengatakan, Morsi dibawa ke rumah sakit, tetapi meninggal sesampai di sana karena serangan jantung.

Morsi, tokoh lama dalam kelompok Islam Ikhwanul Muslimin, digulingkan sebagai presiden pada 2013 oleh militer Mesir setelah massa memprotes pemerintahannya. [voa/lat]

#MohammedMorsi #wafat
BERITA TERKAIT
Israel Hancurkan Rumah Palestina di Tepi Barat
Massa Bertopeng Serbu Stasiun Kereta di Hong Kong
Koalisi PM Abe Raih Mayoritas Pemilu Jepang
Situasi Kemanusiaan di Suriah Terus Memburuk
Pertikaian Tanker Inggris-Iran Semakin Panas
86 Muslim Bosnia Dibantai Serbia
Church Brew Works: Dari Gereja Jadi Pabrik Bir

kembali ke atas