GAYA HIDUP

Rabu, 19 Juni 2019 | 17:55 WIB

Jakarta Aquarium Hadirkan Tiga Keindahan Laut Baru

Mia Umi Kartikawati
Jakarta Aquarium Hadirkan Tiga Keindahan Laut Baru

INILAHCOM, Jakarta - Jakarta Aquarium di Mall Neo Soho Floor, sebagai bagian dari edutainment untuk seluruh keluarga, terdapat tiga hewan unik dan aneh ke dalam koleksinya. Penasaran apa saja?

Koleksi tersebut yaitu Gurita Pasifik Raksasa, Kutu Laut Raksasadan Naga Laut Berdaun dan Naga Laut Rumput.

Gurita Pasifik Raksasa mahluk luar biasa, cerdas dan cantik. Dengan total delapan lengan, ditutupi dengan cakram hisap, betina memiliki sekitar 2.240 dan pejantan sekitar 100 lebih sedikit mereka memiliki cengkeraman kuat yang dapat mendeteksi rasa dan bau, serta dapat memasuki ruang yang lebih kecil dari tutup botol.

"Pada aquarium kami, Anda mungkin harus melihat lebih dekat, karena hewan ini dapat mengubah warna dan tekstur kulit mereka untuk berbaur dengan bebatuan dan ganggang di sekitar mereka," kata curator Manager Jakarta Aquarium
Mr. Aaron Jup, Jakarta, Rabu, (19/06/2019).

Dengan sembilan otak, satu untuk masing-masing lengan dan satu lagi di kepala mereka, hewan ini sangat cerdas, mampu memecahkan tek-teki rumit, membuka toples dan bermain dengan mainan.

"Mereka hidup di perariran pantai yang dangkal hingga kedalaman 100 meter atau lebih, suhu dibawah 10 derajat Celcius dan mulai dari perairan Pasifik Korea dan Jepang, utara ke Alaska dan selatan ke California Selatan," tambahnya.

Kutu Laut Raksasa merupakan kerabat dekat udang dan kepiting yang hidup di kedalaman antara 160 dan 2300 meter. Ia merupakan salah satu makhluk paling aneh yang hidup di laut dalam.

"Kutu Laut Raksasa dapat hidup 5 tahun atau lebih tanpa makanan. Kutu Laut Raksasa memiliki empat set rahang yang berbeda. Rahang ini dapat membantu mereka merobek dan memotong mangsa mereka. Untuk mengetahui lingkungan di sekitar area hidup, mereka menggunakan dua antenna mereka. Antena kecil untuk merasakan kandungan kimia dan yang besar untuk indera fisik," ujarnya.

Sementara itu, Naga Laut Berdaun menyerupai Kuda Laut dalam hal ukuran dan bentuk tubuh, tetapi memiliki sirip kecil seperti daun yang menyamarkan mereka dari predator. Meskipun terkait, Naga Laut Berdaun bukan Kuda Laut, tetapi Spesies Naga Laut. Sekitar 250 telur di inkubasi oleh jantan di bagian bawah ekor, dimana mereka tersimpan dijaringan spon.

Untuk Naga Laut Rumput dapat ditemukan di batu karang, hamparan rumput laut, padang rumput laut dan kebun rumput laut. Spesies ini terkait dengan Kuda Laut. Tidak seperti Kuda Laut, Naga Laut tidak memiliki kantung untuk membesarkan anaknya.

Naga Laut Kurus dapat berbaur dengan sangat baik di sekitarnya. Bahkan, anda mungkin pernah melihatnya tetapi mengira hanya melihat berbagai jenis rumput liar yang mengambang di sekitar perairan.

"Dengan kehadiran Koleksi Hewan Unik dan Aneh yang baru di Jakarta Aquarium adalah salah satu misi kami yaitu untuk memberikan yang terbaik untuk pelestarian, konservasi dan edutainment untuk segala usia. Kita semua memiliki tanggung jawab dalam menyelamatkan planet kita. Fokus kami adalah meminta semua pengunjung untuk menjelajahi kekayaan keragaman dan budaya yang kami tawarkan," kata Will Owens Director Jakarta Aquarium. (tka)

#jakartaaquarium #tiga #keindahan #laut #baru
BERITA TERKAIT
Tiga Warna Penting Revitalisasi Panti Disabilitas
Remaja Kurang Gizi Berisiko Putus Sekolah
Cegah Anemia pada Remaja Putri
Nikmat Ramen dengan Harga Kaki Lima
Manfaat Vaksin untuk Mencegah Penularan Penyakit
Fasilitas Pendukung Pariwisata Danau Toba Dibangun
(Sayangi Bumi Kurangi Sampah) Ini Semangat Gaya Hidup Ramah Lingkungan

kembali ke atas