EKONOMI

Rabu, 19 Juni 2019 | 16:25 WIB

Jokowi Titip Isu Ekonomi Ini di KTT ASEAN dan G20

Ahmad Farhan Faris
Jokowi Titip Isu Ekonomi Ini di KTT ASEAN dan G20
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut beberapa isu yang perlu diangkat dalam kunjungan kerja (kunker) ke Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Thailand.

Dalam KTT ASEAN 34 di Thailand, saya lihat ada beberapa isu yang perlu diangkat, kata Jokowi saat rapat terbatas di Kantor Presiden, Rabu (19/6/2019).

Pertama, Jokowi mengatakan harus mengajak negara ASEAN bersatu dalam mengantisipasi perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok agar stabilitas ekonomi ASEAN tetap terjaga. Penting sekali kita ajak negara-negara ASEAN bersatu, ujarnya.

Kemudian, kata dia, isu yang berkaitan dengan sampah laut juga perlu diangkat dalam pertemuan KTT ASEAN nanti termasuk percepatan perdamaian di Rakhine State Myanmar. Itu tiga hal yang akan kita sampaikan di KTT ASEAN, jelas dia.

Di samping itu, Jokowi mengatakan dalam pertemuan KTT G20 juga yang perlu diangkat antara lain mengenai ekonomi dan keuangan global terutama berkaitan dengan perdagangan dan investasi.

Kedua, langkah-langkah inovasi mengenai pengembangan eko digital dan artifisial intelijen. Ketiga mengenai penanganan kesenjangan kualitas infrastruktur, ketenagakerjaan dan pemberdayaan perempuan di dunia, tandasnya. [ipe]

#PresidenJokowi #KTTAsean #G20
BERITA TERKAIT
DPR: KBN Jangan Rusak Asa Jokowi Genjot Investasi
Gubes UI Sarankan Jokowi Comot RR Masuk Kabinet
Istana Minta Enggar Muluskan Ekspor RI ke China
Faisal Minta Jokowi Merger Kemendag dan Kemenperin
Petaka Bunga Utang Ketinggian Menteri 'Terbalik'
Jonan Laporkan Blok Masela, Jokowi Langsung Girang
Inilah Menaker & Menteri BUMN Jokowi Versi Aktivis

kembali ke atas