GAYA HIDUP

Senin, 24 Juni 2019 | 14:04 WIB

Brand Fesyen Lokal Semakin Diakui

Mia Umi Kartikawati
Brand Fesyen Lokal Semakin Diakui
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Brand fesyen lokal tidak kalah saing dengan produk asing. Kini, brand fesyen lokal semakin diakui di negeri sendiri.
Dalam rangka ulang tahun Jakarta, program Kreasi Nusantara dicanangkan Shopee untuk mendukung UMKM lokal. Program ini berhasil meningkatkan penjualan hingga delapan kali lipat.
Bulan Juni selalu menjadi waktu yang istimewa bagi Kota Jakarta. Di bulan inilah IbuKota Indonesia merayakan ulang tahunnya. Di usianya yang sudah mencapai 492 tahun ini, Jakarta tidak hanya berkembang menjadi sebuah kota modern yang megah secara fisik namun juga marak dengan beragam hasil karya masyarakatnya.
Tidak sedikit hasil kreasi asli warga Jakarta yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Itu menjadi pertanda bahwa merek-merek lokal Jakarta semakin banyak diterima dan mendapat apresiasi dari masyarakat luas, tidak kalah istimewa dari brand-brand besar kelas dunia.
Salah satunya adalah Merch, sebuah brand fesyen yang memproduksi berbagai produk pakaian, tas, sepatu, dan aksesoris. Brand yang satu ini rupanya sedang digemari pecinta fesyen, khususnya kaum perempuan.
Selain kreasi unik dan menarik bagi kaum milenial, harganya pun bersahabat. Tengok saja tas Ashley Zipper Black

Dengan desain yang tidak kalah dengan brand besar asal luar negeri, tas model tote itu dibanderol hanya Rp.150 ribu. Atau, intip juga sepatu Meghan Cream yang cantik seharga Rp. 225 ribu.

Menurut Tari Puji Lestari, Founder dari Merch, adapun beberapa faktor yang melatarbelakangi brand Merch menjadi brand favorit penggunanya.
"Sebagai produsen dan ritel tas lokal yang berkembang pesat, Merch selalu menyesuaikan tren dan minat fesyen pengguna nya terhadap produk - produk yang diproduksi. Selain itu, kami didukung oleh pengrajin dan penyedia bahan dari dalam negeri sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat daerah dan membuat biaya produksinya menjadi lebih efisien. Kami yakin, bersama mitra dan pengrajin lokal, kami dapat menghadapi tantangan bisnis yang lebih luas secara global," kata Tari seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Senin, (24/06/2019).
Apresiasi masyarakat terhadap brand lokal seperti Merch dirasakan betul oleh Shopee. Tahun 2018, Shopee juga telah meluncurkan Kreasi Nusantara, sebuah program yang mendukung produk lokal dan UMKM dalam mengembangkan bisnis online baik dalam pasar Indonesia maupun untuk ekspor ke pasar internasional.
Kreasi Nusantara diluncurkan sebagai bentuk komitmen Shopee dalam mendukung para pelaku UMKM mengembangkan bisnis online, yang terbukti telah berhasil hingga sekarang. Kreasi Nusantara dari Lokal untuk Global merupakan upaya kelanjutan kami dalam mendorong agar para UMKM dapat memperluas jangkauannya ke negara - negara tempat Shopee beroperasi. Kami yakin, melalui dukungan edukasi dan pemasaran yang tepat, produk lokal dapat bersaing dengan baik di pasar internasional," ujar Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia.(tka)

#brand #fesyen #lokal #diakui
BERITA TERKAIT
Intip Aplikasi Fesyen Terkini di Indonesia
Tren Riasan Wajah dengan Hasil Natural
Menpar Tekankan Indonesia Harus Gaet Milenial
Menpar: Atraksi Wisata Indonesia Berkualitas
Ini Solusi Atasi Sampah Plastik
Paska Gempa, The Nusa Dua Tetap Beroperasi Normal
Pesan Tiket Pesawat Tak Lagi Galau

kembali ke atas