DUNIA

Selasa, 02 Juli 2019 | 10:10 WIB

Islam di Tengah Gemerlap Bollywood

Islam di Tengah Gemerlap Bollywood
Ayesha Takia (Foto: okeinfo)

INILAHCOM, Jakarta--Siapa tak mengenal Murcyleen Peerzada? Tujuh tahun silam dia sangat dikenal di India, apalagi di dunia glamor Bollywood. Dia artis film dan menjadi asisten sutradara di beberapa industri film India.

Berfoya-foya adalah dunianya. Pakaian dan barang yang melekat di tubuhnya, semua bermerek mahal. Mal-mal supermewah di penjuru dunia selalu menjadi kunjungannya.

Semua itu bisa dinikmati karena Murcyleen berasal dari keluarga kaya raya. Sang ayah, Feroz Peerzada, merupakan pebisnis sukses asal Kashmir. Feroz pula yang memperkenalkan Murcyleen dengan sutradara kenamaan, Yash Chopra.

Di tangan Yash Chopra, Murcyleen "dipoles" menjadi artis terkenal Bollywood. Keduanya kemudian sangat akrab. Murcyleen menganggap Yash Chopra sebagai teman, guru, dan seorang ayah.

Namun, di tahun 2012 semuanya berubah total ketika Yash Chopra meninggal dunia. Murcyleen terpukul, shock. "Kematiannya mengguncang saya. Saya mulai berpikir tentang kehidupan dan kekuatan yang lebih tinggi, yang mengatur segalanya," tutur Murcyleen.

Dia lalu mencarinya di internet. Dia ingin menemukan jawaban agar hati, jiwa dan pikirannya tenang. Beberapa video pendakwah Islam ditonton dan disimak isi ceramahnya, mulai dari Nouman Ali Khan hingga Yasmin Mogahed.

Namun, yang membuat dia terhentak saat mendengar rekaman dakwah Zakir Naik bertema "Perempuan Dalam Islam". "Rekaman itu langsung mencengkeram saya seolah-olah saya menemukan tujuan hidup saya. Itu sangat mencerahkan sehingga saya membacanya setiap sore," ceritanya.

Sejak saat itu, dia berguru kepada Farah Naik, istri Zakir Naik. Kini, Murcyleen menjadi juru dakwah Islam dan bergabung dengan Zakir Naiks Islamic Research Foundation (IRF) di Mumbai.

Tak sedikit artis Bollywood kini yang mengikuti jejak Murcyleen: dari pemeluk Islam yang tidak taat, kemudian menjadi wanita soleha. Atau mereka yang semula beragama lain, lalu memeluk Islam, seperti halnya Ayesha Takia--pemain film Taarzan--seorang mualaf.

Kini, banyak artis Islam mewarnai gemerlap Bollywodd. Ada Shah Rukh Khan, pemeran film My Name Is Khan. Dia pernah dinobatkan sebagai artis terkaya nomor dua di dunia tahun 2014-2015 versi Wealth-X. Kekayaannya ditaksir mencapai US$ 600 juta atau setara Rp 6,9 triliun.

Selain Shah Rukh Khan, ada juga Muhammed Aamir Hussain Khan, atau populer dipanggil Aamir Khan, pemeran utama film 3 Idiot.

Nama lain artis pemeluk Islam taat adalah Salman Khan, salah satu aktor senior Bollywood. Film Maine Pyar Kiya di tahun 1989 telah melambungkan namanya hingga menjadi aktor papan atas. Selain sebagai aktor, Salman juga seorang presenter, produser, dan penyanyi.

Deretan lain adalah Suzanne Roshan, seorang artis, sosialita, dan interior designer, lulusan Brooks Collage, California, AS.

Yang cukup dikenal di Indonesia adalah Shaheer Sheikh lewat film Mahabrata. Dalam film tersebut, Shaheer Sheikh berperan sebagai Arjuna.

Nama-nama lain artis Bollywood pemeluk Islam yang taat adalah Gauri Khan (istri Shah Rukh Khan), Irrfan Khan, Shahid Kapoor, Emraan Hashmi, dan Arbaaz Khan.

Bulan Ramadan lalu, mereka berpuasa sebulan penuh. "Ramadan membuat hati dan pikiran saya menjadi tenang," ujar Shah Rukh Khan.

Katanya, Ramadan harus dijadikan momentum untuk memperbaiki diri, sehingga menjadi orang yang lebih baik ke depan. "Setelah Ramadan berlalu, tidak seharusnya mengulang kesalahan," katanya. [lat]

#artis #Islam #Bollywood
BERITA TERKAIT
Putin Peringati 20 Tahun Berkuasa di Rusia
Pendakwah Zakir Naik Minta Maaf
Lingkaran Maduro Mulai Selamatkan Diri
AS Terus Ikut Campur Urusan Hong Kong
Staf Konsulat Inggris di Hong Kong Ditahan
Soal Demo Hong Kong, Taiwan Bikin Panas China
Oposisi Suriah Mundur dari Pertahanan Utama

kembali ke atas