EKONOMI

Sabtu, 06 Juli 2019 | 04:01 WIB

Progres YIA 65%, AP I Sanggupi Rampung Desember

Progres YIA 65%, AP I Sanggupi Rampung Desember
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Kulon Progo - PT Angkasa Pura I (Persero) percepat penyelesaian Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) hingga akhir 2019. Saat ini, progresnya baru 65%.

"Ini baru 65 persen, untuk 100 persen-nya nanti akan selesai di Desember 2019, kata Direktur Utama AP I, Faik Fahmi dalam sebuah lokakarya di Kulon Progo, Jumat (5/7/2019).

Ia merancang, sisi darat atau terminal penumpang bandara tersebut berkapasitas 14 juta penumpang. Dengan progres pembangunan saat ini baru terpenuhi 12%. Sedangkan jumlah total investasi untuk sisi darat Rp4,2 triliun, sementara untuk sisi udara Rp6,7 triliun. Yang sudah kita keluarkan keseluruhan Rp5,5 triliun, nanti tinggal sisanya bertahap, kata Faik.

Faik mengungkapkan, penundaan peresmian yang seharusnya berlangsung April 2019, disebabkan bertepatan dengan masa angkutan Lebaran 2019. "Jadi, kemarin April sebetulnya kita operasikan untuk antisipasi angkutan Lebaran karena Yogyakarta setiap Lebaran penumpang kurang nyaman timbul penumpukan, ada penerbangan tambahan juga diakomodir karena masalah slot," katanya.

Faik mengatakan, AP I bisa menyelesaikan pada Desember tahun ini. "Harapan kita Desember sudah selesai, Presiden bisa resmikan Insya Allah tercapai," katanya.[tar]

#AngkasaPura #BandaraYogyakarta #YIA
BERITA TERKAIT
Siasat Pelindo IV Integrasikan Logistik Pelabuhan
Tahun Depan, Jonan Ingin Rasio Elektrifikasi 100%
BPJS Dibantu China,Luhut Sebut Hanya Sebatas Saran
Ciptakan Hidup Sehat, PLN Turut Bentuk Gang Hijau
Menkop dan UKM Dapat Penghargaan dari ICSB Dunia
KLHK Buka Rumah Ko-Kreasi Perhutanan Sosial 4.0
(Jangan Remehkan Binis Kaos) Kaos Hari Merdeka & Billionaires Laku Rp40,5 Juta

kembali ke atas