EKONOMI

Minggu, 07 Juli 2019 | 03:09 WIB

Jawa Barat Kerja Sama Pelaku Ekraf Internasional

Jawa Barat Kerja Sama Pelaku Ekraf Internasional
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pemprov Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) mengirim delegasi dalam event kreatif terbesar di Eropa bernama TOA.

Sejumlah negara dan brand dunia, khususnya berbasis IT dan kreatif, turut serta dalam event tersebut. Delegasi Jawa Barat dipilih melalui proses seleksi open call terhadap pelaku ekonomi kreatif (ekraf).

Disparbud yang bekerja sama dengan tim ekraf Jawa Barat akhirnya memilih empat orang, yaitu Erdy Suryadarma, Imam Pesuwaryantoro, Fikri Gustin, dan Hera Wijaya.

Mereka terpilih karena memiliki aktivitas di bidang ekonomi kreatif khususnya bebebasis digital dan IT dan sudah eksis pada kegiatan tsb di kotanya masing-masing. Erdy di kota Bandung, Fikri sebagai konsultan e commerce di kota Bandung dan Imam di kota Bekasi.

Sebagai salah satu persyaratan open call adalah mereka harus memiliki aktivitas rutin pada bidang digital dan IT dan harus dapat mengembangkan kegiatannya tsb pada down lower nya. Yermasuk sharing experience pada event TOA yang diikuti sekarang.

Rombongan Jawa Barat yang berangkat ke Berlin, Jerman, pada tanggal 1 Juli tersebut dipimpin oleh Ida Machmudah Misran. Selama di Berlin, rombongan mengikuti beberapa international Conference Economic Creative dan workshop.

Ida Machmudah yang mewakili Disparbud Provinsi Jawa Barat menambahkan bahwa Jawa barat kedepan akan melakukan pengembangan ekonomi kreatif, khususnya yang berbasis pada digital art performing dan IT dan ini sebagai langkah aktif untuk networking dengan beberapa negara lain, seperti event SXSW conference and Festival Austin-Texas Amerika serikat selain itu juga kerjasama antar negara pengembang ekonomi kreatif yang berbasis IT dan art.

Selain itu, rombongan Jawa Barat juga menjajaki kerja sama dengan beberapa mitra ekraf dunia supaya bisa melakukan kerja sama LOI dengan beberapa pelaku ekraf internasional yang mempunyai reputasi dan kapabilitas oke, seperti Europen Commission dan German Accelerator.

Beberapa kesepakatan yang terjalin akan dilanjutkan pada Event International Conference of West Java di Bandung pada 2020. Event TOA ini, pertama kali diikuti Jawa Barat, berlangsung 2-5 Juli 2019.[ipe]

#PemprovJabar #EkonomiKreatif
BERITA TERKAIT
Jabar Gerus Kemiskinan dengan Dana Zakat Rp26T
Jumlah Orang Miskin Turun, Ini Jurus Pemprov Jabar
Ribuan Kendaraan Dinas di Cianjur Kemplang Pajak
Dekranasda Ingin Kerajinan Jabar Go Internasional
Juara Ketiga, Kamil Sebut Ekraf Jabar Paling Oke
(HUT Ciamis Ke-377) Kamil Ingin Kembali Jadikan Sentra Kelapa Nasional
Pemprov Jabar dan Blibli.com Komitmen Genjot UMKM

kembali ke atas