GAYA HIDUP

Minggu, 07 Juli 2019 | 15:28 WIB

Sekitar 30 Persen Lansia Tak Mandiri

Mia Umi Kartikawati
Sekitar 30 Persen Lansia Tak Mandiri
(Foto: inilahcom/Mia Kartikawati)

INILAHCOM, Jakarta - Riset Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan sekitar 30 persen lansia memiliki ketergantungan akibat cedera dan penyakit tertentu seperti jantung, stroke, dan lainnya.

Padahal lansia dapat tetap hidup produktif dan sehat, jika menjaga kesehatan sejak dini dengan bergerak aktif dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhnya.

Karena itu dalam perayaan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), AnleneTM, mendukung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam mengedukasi masyarakat Indonesia untuk proaktif menginvestasikan kesehatannya mulai dari sekarang, agar dapat terus hidup sehat dan bergerak aktif di hari tua.

"Kegiatan edukasi ini merupakan kelanjutan komitmen antara Fonterra Brands Indonesia dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sesuai Nota Kesepakatan yang telah ditandatangani bersama pada 2018 lalu. Kerja sama ini ditujukan untuk mencapai target nasional United Nations Sustainable Development Goal (SDGs) serta Global Action Plan on Physical Activity (GAPPA) dari World Health Organization, yaitu penurunan gaya hidup kurang gerak pada orang dewasa sebesar 15 persen di 2030," kata Rhesya Agustine, Marketing Manager AnleneTM, Fonterra Brands Indonesia, Jakarta, Minggu, (07/07/2019).

Menurut Badan Pusat Statistik, lansia atau masyarakat dengan usia lebih dari 60 tahun, masih termasuk dalam kategori usia produktif (15 tahun - 65 tahun).

Meski demikian, Riset Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan bahwa 22 persen lansia di Indonesia mengalami disabilitas ringan, dan 3,7 persen mengalami disabilitas sedang, berat, dan tergantung total. (tka)

#lansia #tak #mandiri #kesehatan
BERITA TERKAIT
AIA Fokus pada Gaya Hidup Sehat
Masyarakat Butuh Alat Kesehatan yang Berkualitas
Ken Rio, Anak Muda Ambil Peran di Dunia Fesyen
Dofood Dorong Gaya Hidup Sehat Lewat Makanan Sehat
Ini Cara Tingkatkan Literasi pada Anak
PI Manjakan Pecinta Travel Hingga Anak Muda
Inilah Terapi Canggih dan Aman Redakan Nyeri

kembali ke atas