NASIONAL

Senin, 08 Juli 2019 | 21:35 WIB

Pilkada Serentak 2020 Bakal Diikuti 270 Daerah

Fadhly Zikri
Pilkada Serentak 2020 Bakal Diikuti 270 Daerah
(Foto: ist)

INILAHCOM, Jakarta - Pilkada Serentak 2020 diikuti sebanyak 270 daerah. Jumlah tersebut terdiri dari 9 Pemilihan Gubernur, 224 Pemilihan Bupati dan 37 Pemilihan Walikota. Sementara daftar pemilih diperkirakan mencapai 107.531.640 pemilih.

"Ini baru perkiraan dari saat ini, kedepan tentunya bisa saja berubah seiring dinamika, ada yang meninggal ada yang berpindah, ada yang masuk TNI-Polri dan juga ada yang pensiun dari TNI-Polri.Tapi perkiraan kami demikian," kata Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh digedung DPR, Senin (8/7/2019).

Sebelumnya, Komisi II DPR RI menggelar rapat dengar pendapat dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Direktorat Jenderal Otonomi Daerah serta Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri guna membahas persiapan Pilkada Serentak Tahun 2020.

"Ini penting bagi penyelenggara Pemilu maupun bagi peserta pemilu, karena peserta pemilu kan nanti akan merancang kalau gitu saya kapan harus melakukan rapat internal, kapan harus berkoalisi, kapan harus menentukan kandidatnya," kata Ketua KPU Arief Budiman.

Pilkada serentak sendiri dijadwalkan akan digelar pada 23 September 2020.

"Bagi KPU juga penting kapan harus membuat rencana kegiatan dan menyusun anggaran, kapan anggaran harus mulai tersedia, ini penting juga bagi pemerintah daerah. Jadi dia bisa penting juga bagi aparat keamanan, jadi tahapan ini akan menentukan banyak hal termasuk produksi logistik dan lain-lain," tandas Arief. [adc]

#PilkadaSerentak2020
BERITA TERKAIT
Viral Mandi di Motor Ditangkap, Ini Kata 2 Wanita
Rencana Hapus UN Untuk Suasana Pendidikan Bahagia
Saat Kapolda Kepri Bersepeda Pantau Hujan Lebat
Cegah Melenceng DPR Minta Kajian Tertulis Nadiem
2 Sekawan Kelompok Gado-gado Nyaris Tewas Diamuk
Milenial Didorong Berani Out of The Box
Ustadz Tengku MUI : 5 Tahun Pengawasannya Tidur ?

kembali ke atas