TEKNOLOGI

Selasa, 09 Juli 2019 | 08:30 WIB

Huawei Segera Luncurkan Sistem Operasi Hongmeng

Huawei Segera Luncurkan Sistem Operasi Hongmeng
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Beijing - Menyusul perang dagang AS-China yang berimplikasi pada berhentinya dukungan Google untuk sistem operasi Android bagi perangkat pintar mereka, Huawei pun segera menyiapkan 'Rencana B' dengan mengembangkan sistem operasi sendiri bernama Hongmeng untuk smartphone dan perangkat cerdas buatannya.

Bahkan, raksasa teknologi China ini telah mendaftarkan Hongmeng sebagai merek dagang mereka.

"Kami siap untuk sistem operasi kami sendiri, jika kami tidak dapat lagi menggunakan (Android, Windows). Sistem-sistem ini, kami akan siap, ini adalah Rencana B," kata Yu Chengdong, Wakil Presiden Senior Huawei, kepada media Jerman, Welt.

Huawei juga telah mendaftarkan paten Hongmeng di Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa (EUIPO) belum lama lalu, dengan nama 'Huawei ARK OS'.

Sementara itu, pendiri Huawei, Ren Zhengfei, mengutip laporan media China Sina Technology, mengklaim bahwa sistem operasi Hongmeng lebih cepat dibanding Android milik Google maupun iOS besutan Apple.

Berdasarkan argumen teknis, menurut laporan sebelumnya, Hongmeng 60 persen lebih cepat dari Android. Hongmeng dirancang bisa diterapkan pada berbagai perangkat.

"Sistem operasi yang kami kembangkan kompatibel dengan papan sirkuit cetak, sakelar, router, smartphone, dan pusat data," kata Zhengfei.

Menurut dia, Hongmeng memiliki penundaan proses (processing delay) kurang dari 5 milidetik. Sistem operasi itu juga akan disesuaikan dengan sempurna untuk Internet of Things (IoT) dan juga bisa diterapkan pada kendaraan otonom.

Menurut Chengdong, dalam unggahannya di media sosial, bahwa sistem operasi yang dikembangkan sendiri oleh Huawei itu bakal tersedia setelah musim gugur ini atau paling lambat musim semi mendatang (September-Desember).

#Huawei #Hongmeng #Android #sistemoperasi
BERITA TERKAIT
Huawei: Hongmeng Bukan OS untuk Ponsel
Huawei Akan PHK Ratusan Karyawan di AS
Pengganti Android, Huawei Patenkan Harmony
Huawei Siap Luncurkan Smartphone 5G Pertama
Sinergi Huawei Cloud Incar Pemerintahan dan Swasta
(GIIAS 2019) Mercedes Luncurkan Mobil Hybrid New E 300 e EQ
Suzuki Target Jual 1.250 Unit Mobil di GIIAS 2019

kembali ke atas