GAYA HIDUP

Selasa, 09 Juli 2019 | 14:55 WIB

Kuliner Aceh jadi Daya Tarik Wisata

Mia Umi Kartikawati
Kuliner Aceh jadi Daya Tarik Wisata
(Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Provinsi Aceh mempromosikan keragaman kuliner sebagai daya tarik wisata di daerahnya selain keindahan alam dan budaya.

Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Management Calender of Event (CoE) Esthy Reko Astuti saat pembukaan gelaran Aceh Culinary Festival (ACF) di Taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh, Jumat (5/7/2019) mengatakan Aceh memiliki potensi luar biasa di sektor kuliner karena narasi dan gaya cerita yang kuat tentang kuliner Aceh.

Kuliner Aceh merupakan suatu proses rangkaian dari proses hulu ke hilir. Sebab, komersialisasinya bisa dimulai dari wisata agrikultur, wisata organik, wisata pendidikan, wisata sejarah, sampai wisata membuat makanan, kata Esthy, seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Selasa, (09/07/2019).

Dalam portofolio pariwisata selama ini, sektor kuliner menyumbang sekitar 30-40 persen pendapatan pariwisata.

Ekonomi kreatif berkontribusi sebesar 7,38 persen terhadap perekonomian nasional dengan total PDB sekitar Rp852,24 triliun, dari total kontribusi tersebut subsektor kuliner menyumbang 41,69 persen.

"Kalau kuliner dibina dengan baik, semua aspek akan tersentuh. UMKM tersentuh, pariwisata, budaya juga tersentuh. Sangat luas pengaruhnya. Apalagi sektor perekonomian," ujar Esthy.(tka)

#provinsi #aceh #kulinerindonesia #budaya #alam #wisata
BERITA TERKAIT
Sumbar Miliki Banyak Agenda Wisata Unggulan
(Wardah Wonderful Voluntourism) Berwisata Sekaligus Jalankan Aksi Sosial
Ini Lima Kawasan Wisata Destinasi Andalan
Tempat Terbaik di Eropa dengan Makanan Halal Lezat
Jemaah Haji Kembali, Kesehatan Terus Dipantau
(Ubud Village Jazz Festival 2019) Ramai Penyanyi Internasional
JFFF 2019 Tampilkan Keindahan Kain Tenun

kembali ke atas