GAYA HIDUP

Kamis, 11 Juli 2019 | 18:45 WIB

Kematian Dini Disebabkan Penyakit Tidak Menular

Mia Umi Kartikawati
Kematian Dini Disebabkan Penyakit Tidak Menular
(Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Kematian pada usia dini kerap terjadi. Hal tersebut terlihat dari 70 persen kematian Dini Disebabkan oleh Penyakit Tidak Menular (PTM).

Hasil riset Analisis Beban Penyakit Nasional dan Sub Nasional Indonesia Tahun 2017 yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Badan Litbangkes) bekerjasama dengan Institute For Health Metrics and Evaluation (IHME) mengungkap bahwa 70 persen kematian dini di Indonesia disebabkan oleh penyakit tidak menular (PTM).

Seperti diketahui bersama, faktor penyakit tidak menular terkait erat dengan pola hidup tidak sehat, seperti makan tidak seimbang dan kurangnya aktivitas fisik.

Sedangkan dari sisi finansial, hasil survey nasional literasi dan inklusi keuangan 2016 dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat baru 27 persen masyarakat usia produktif yang memiliki tabungan masa depan.

"Kondisi ini memicu kami untuk kembali mengingatkan masyarakat untuk memprioritaskan kesehatan mereka sejak dini, melalui kampanye kesehatan 'Live Healthier Lives', ungkap Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Indonesia, Jakarta, Kamis, (11/07/2019).

Ternyata, penetrasi asuransi jiwa di Indonesia baru mencapai 7 persen. Hal ini memperlihatkan bahwa tidak banyak orang yang peduli terhadap kesehatan dan jiwanya.(tka)

#kematian #dini #penyakittidakmenular #ptm #kesehatan
BERITA TERKAIT
Relaksasi Bebaskan Diri dari Tekanan
Penyakit Tidak Menular Jadi Ancaman Serius
(Omron Kampanyekan 'Ceramah') Hipertensi Mengancam Anda, Ayo Deteksi Mandiri
Inikah Surga Tersembunyi di Indonesia?
Mahakam Ulu Ucapkan Syukur Lewat Festival Hudoq
Media Jepang Antusias Sambangi Museum Tsunami Aceh
ITDC Jadikan Mandalika Katalisator Pembangunan NTB

kembali ke atas