NASIONAL

Selasa, 16 Juli 2019 | 18:41 WIB

Kepada TNI/Polri, Jokowi: Tantangan Semakin Berat

Ahmad Farhan Faris
Kepada TNI/Polri, Jokowi: Tantangan Semakin Berat
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan tantangan yang dihadapi para perwira remaja TNI dan Polri semakin berat, terutama terhadap perkembangan teknologi.

Tantangan yang kita hadapi ke depan semakin berat. Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat cepat, bahkan maha cepat. Revolusi industri 4.0 telah melahirkan banyak teknologi baru, kata Jokowi di Istana Merdeka, Selasa (16/7/2019).

Menurut dia, teknologi mengubah cara-cara hidup masyarakat dunia. Media sosial telah mengubah cara berkomunikasi dan interaksi, meskipun ada baiknya tapi banyak juga risiko-risilonya.

Revolusi industri 4.0 membawa perubahan ribuan kali lebih cepat dibandingkan dengan revolusi industri sebelumnya. Dunia sekarang ini penuh dengan distrupsi, penuh perubahan, penuh risiko-risiko, ujarnya.

Kini, kata dia, dunia semakin komples dan penuh dengan kejutan-kejutan yang sering jauh dari kalkulasi dan hitung-hitungan. Maka, kecepatan, kompleksitas dan ketidakterdugaan merupakan ciri baru dari dunia internasional yang berubah saat ini.

Karena tantangan yang sudah sangat berubah maka cara kita menghadapi tantangan dan masalah juga harus berubah, jelas dia.

Ia mengatakan cara-cara dan model lama sudah tidak bisa lagi dilanjutkan, tidak ada pilihan lain bahwa semua harus cepat, fleksibel dan cerdik serta semakin menguasai ilmu pengerahuan dan teknologi.

Saudara-suadara harus mengikuti dan mengejar perkembangan zaman. Di dunia kemiliteran pasti terjadi perkembangan yang luar biasa dalam strategi, taktik, doktrin dan dalam sistem persenjataan, katanya.

Kemudian, kata dia, dunia kepolisian juga harus semakin canggih dalam memberantas kejahatan digital, penegakan hukum, pemeliharaan keamanan dan ketertiban serta perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat dan rakyat.

Semua harus dihadapi dengan respon yang cepat, cerdas dan tepat. Harus dihadapi respon yang profesional serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, katanya.

Oleh karena itu, Jokowi meminta kepada para perwira remaja TNI dan Polri harus menjadi bagian penting dari kualitas SDM Indonesia yang hebat untuk membangun Indonesia yang berdaulat dan bermartabat.

Sekali lagi ada penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, mental dan karakter yang tangguh, yang tanggap, cepat, dan cerdas, tandasnya. [adc]

#Jokowi #TNI #POLRI
BERITA TERKAIT
Jokowi Urus BPJS Nyerah tapi Mau Pindahin Ibu Kota
Demokrat: Warga Tanah Karo Minta Jokowi Bangun Tol
Polisi Tangkap 3 Pembobol ATM Saat Rusuh Manokwari
1.200 Personal Diterjunkan ke Papua
Polri Kendalikan Situasi Fakfak Papua Barat
Polri Didesak Bekuk Provokator Perusuh Warga Papua
Polri Bongkar Mafia Penipuan Online Internasional

kembali ke atas