MOZAIK

Kamis, 18 Juli 2019 | 10:00 WIB

Semakin Lama Rukuk dan Sujud Banyak Dosa Diampuni

Semakin Lama Rukuk dan Sujud Banyak Dosa Diampuni
(Foto: Ilustrasi)

MUNGKIN orang Indonesia yang pernah pergi ke dua tanah suci heran dengan lamanya rukuk dan sujud dalam salat di sana.

Tentunya, melamakan rukuk dan sujud itu bukan tanpa alasan, tapi berdasarkan sandaran dari tuntunan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, simaklah hadis berikut ini:

Suatu hari Abdullah bin Umar radhiallahu anhuma melihat seorang pemuda sedang salat, dia memanjangkan salatnya dan melamakannya, maka beliau bertanya: siapa yang tahu orang itu? Maka ada yang menjawab: saya.

Beliaupun mengatakan: seandainya aku mengenalnya, tentu aku akan menyuruhnya untuk memanjangkan rukuk dan sujudnya, karena aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

Sungguh, jika seorang hamba berdiri untuk salat; semua dosanya didatangkan, dan diletakkan di atas pundaknya. Maka setiap kali dia rukuk dan sujud, dosa-dosa tersebut menjadi berjatuhan. (Lihat Silsilah sahihah: 1398, sanadnya sahih)

Ternyata semakin lama kita rukuk dan sujud, semakin banyak dosa kita yang diampuni, tidakkah Anda ingin dosanya banyak diampuni? Maka lamakanlah rukuk dan sujud Anda. Silahkan disebarkan, semoga bermanfaat.

[Ustaz Musyaffa Ad Dariny, MA]

#Salat #Rukuk #Sujud
BERITA TERKAIT
Ali bin Abi Thalib Pun Terlambat Salat Subuh
Ketika Sujud Kaki Renggang atau Rapat?
Tujuh Cara Supaya tidak Malas Salat
Tuntunan Salat Idul Adha
Salat tak Sah Jika Sujud Hidung tak Nempel Lantai
Perbuatan Baik Anak Kecil Dicatat Dosa tak Dicatat
Betapa Buruknya Orang yang Meminta Jabatan

kembali ke atas