PASAR MODAL

Kamis, 18 Juli 2019 | 15:12 WIB

Musim Laba Gagal Angkat Bursa saham Eropa

Wahid Ma'ruf
Musim Laba Gagal Angkat Bursa saham Eropa

INILAHCOM, London - Bursa saham Eropa diperdagangkan lebih rendah pada Kamis pagi (18/7/2019), karena investor mencerna hasil perusahaan baru dan mengawasi perkembangan perdagangan global.

Indeks acuan Eropa, Stoxx 600 tergelincir 0,6%, saham teknologi jatuh 2,3%. Sementara hanya layanan kesehatan dan telekomunikasi yang diperdagangkan di wilayah positif. Indeks FTSE turun 0,3%, indeks DAX melemah 0,5% dan indeks CAC turun 0,3% seperti mengutip cnbc.com.

Investor tetap bertahan di musim pendapatan terbaru, dengan banyak perusahaan melaporkan hasil mereka minggu ini.

Saham SAP turun 7% dalam perdagangan awal Frankfurt pada hari Kamis setelah pendapatan kuartalan perusahaan teknologi paling berharga di Eropa. Untuk laba operasional yang disesuaikan datang di bawah ekspektasi, menyeret turun saham teknologi di seluruh benua.

Novartis mengalahkan ekspektasi analis untuk kuartal kedua, melaporkan hasil yang kuat dan meningkatkan arahannya untuk tahun ini, memimpin sahamnya 1,6% lebih tinggi selama sesi pagi.

Laba sebelum pajak kuartal kedua Danske Bank datang di bawah ekspektasi pada hari Kamis yang dilanda suku bunga rendah dan biaya yang lebih tinggi terkait dengan kepatuhan setelah skandal pencucian uang di cabang Estonia-nya. Sahamnya diperdagangkan tepat di atas garis datar di awal sesi.

Perusahaan teknik Swedia Indutrade anjlok 11,5% ke bagian bawah Stoxx 600 setelah laporan pendapatannya, sementara perusahaan game Prancis Ubisoft menduduki puncak indeks blue chip Eropa dengan kenaikan 4% setelah melaporkan penjualan kuartal pertama.

Saham Asos merosot lebih dari 20% dalam kesepakatan awal setelah peritel busana online Inggris mengeluarkan peringatan laba ketiga dalam delapan bulan.

Juga dalam fokus adalah pertengkaran perdagangan AS-Tiongkok. The Wall Street Journal melaporkan pada hari Rabu bahwa negosiasi perdagangan antara dua ekonomi terbesar dunia berada pada jalan buntu atas pembatasan raksasa teknologi China Huawei.

Di Asia, saham jatuh setelah Jepang melaporkan penurunan ekspor pada Juni, turun 6,7% dari tahun sebelumnya. Nikkei 225 turun lebih dari 1%, sedangkan indeks MSCI dari saham Asia termasuk Jepang diperdagangkan 0,2% lebih rendah.

Dalam hal data, angka penjualan ritel UK untuk Juni ditetapkan akan dirilis pada pukul 4:30 pagi waktu ET.

#BursaSaham #DolarAS #IHSG #TrumpEffect
BERITA TERKAIT
Apa Fokus Trump di Forum G-7?
China Ingatkan AS Risiko Tarif Tambahan
IMF Nilai Ekonomi Global Kian Suram
Indeks Sepakan tertekan 0,4% Saat HUT 42 Tahun BEI
Harga Minyak Turun Respon Tarif Balasan China
Inilah Pemicu Kenaikan Tajam Harga Emas
Bursa Saham AS Jatuh

kembali ke atas