NASIONAL

Sabtu, 20 Juli 2019 | 11:04 WIB

KPK Tagih Putusan MA Soal Syafruddin

Ivan Setyadhi
KPK Tagih Putusan MA Soal Syafruddin
Juru bicara KPK Febri Diansyah (Foto: Inilahcom/Ivan Sethyadi)

INILAHCOM, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta Mahkamah Agung (MA) untuk segera menyerahkan salinan putusan kasasi mantan Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN), Syafruddin Arsyad Temenggung.

Salinan putusan diharap bisa diserahkan ke Lembaga Antirasuah dalam waktu dekat."Kami harap dalam waktu tidak terlalu lama sudah bisa menerima salinan putusan Mahkamah Agung itu karena begitu sudah lengkap untuk publik juga bisa melihat lebih lengkap isinya," kata juru bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Jumat (19/7/2019) malam.

Febri memastikan hingga saat ini pihaknya belum menerima salinan putusan tersebut. Kasasi Syafruddin dikabulkan MA pada Selasa, 9 Juli 2019.

Bagi KPK, kata Febri, salinan putusan Syafruddin merupakan hal penting. Sebab dari salinan itu, Lembaga Superbody bisa menelaah putusan MA secara rinci.

"Salinan putusan Mahkamah Agung ini sangat penting untuk melihat secara lebih rinci bagaimana pertimbangan hakim hingga sampai pada kesimpulan yang berbeda-beda itu," pungkasnya.

MA sebelumnya mengabulkan kasasiyang diajukan Syafruddin. MA melepaskan Syafruddin atas vonis perkara dugaan korupsi penerbitan Surat Keterangan Lunas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (SKL BLBI).

Dalam amar putusannya, Majelis Hakim Agung MA membatalkan putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang menjatuhkan hukuman 15 tahun pidana penjara dan denda Rp1 miliar subsider 3 bulan kurungan terhadap Syafruddin. Dengan demikian, Syafruddin lepas dari jerat hukum.

#KPK #MA #BLBI #SAT
BERITA TERKAIT
(Bursa Menteri) KPK Harap Jokowi Perhatikan Rekam Jejak
KPK Soroti Laporan Harta Kekayaan Calon Pimpinan
Catatan Negatif KPK Untuk 20 Calon Pimpinan
Kejagung Langsung Serahkan Jaksa Tersangka ke KPK
KPK Cegah Anak Dan Istri Pengusaha Paulus Tanos
KPK Panggil Mantan Gubernur Jatim Pakde Karwo
KPK Langsung Tahan 2 Tersangka OTT Yogya

kembali ke atas