NASIONAL

Sabtu, 20 Juli 2019 | 19:09 WIB

Status Gunung Bromo Masih Waspada

Happy CH Karundeng
Status Gunung Bromo Masih Waspada
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Probolinggo - Petugas Pos Pengamatan Gunung Bromo, Wahyu Adrian Kusuma mengatakan hingga saat ini Gunung Bromo masih berstatus Level II atau waspada.

"Akan terus kita amati tapi yang pasti di status waspada rekomendasi kita radius aman 1 kilometer," katanya di Probolinggo, Sabtu (20/7/2019).

Ia menjelaskan dari pemantauan sementara, gempa di Gunung Bromo cenderung berkurang. Namun, potensi Gunung Bromo untuk memuntahkan material vulkanik masih ada. Untuk itu pihaknya akan terus melakukan pemantauan.

"Untuk potensi erupsi selalu ada, sekarang segi kegempaan cenderung menurun masih ada sedikit terekam kegempaannya," paparnya.

Diberitakan sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur melaporkan masyarakat sempat panik saat Gunung Bromo mengalami erupsi pada Jumat malam (19/9/2019).

Namun, kondisi sudah kembali kondusif pascaerupsi."Erupsi Gunung Bromo yang berada di Provins Jawa Timur ini terjadi pada pukul 16:37 WIB. Saat erupsi tinggi kolom abu tidak teramati. Erupsi terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 37 mm dan durasi sekitar 7 menit 14 detik," kata Plh. Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo, Sabtu (20/7/2019). [hpy]

#GunungBromo #Erupsi
BERITA TERKAIT
Penegakan Hukum Solusi Terbaik untuk Kasus Papua
(Sudah 10 Tahun) Istana Anggap Wajar Pengadaan Mobil Dinas Presiden
Tak Tembus Istana, Pemuda Papua Demo di Kemendagri
Wagub Papua Barat Jamin Manokwari Kondusif
Ibukota Baru Berbasis Public Transportation
Polisi Tangkap 3 Pembobol ATM Saat Rusuh Manokwari
Longsor di Minahasa, Timpa Rumah Warga

kembali ke atas