METROPOLITAN

Sabtu, 20 Juli 2019 | 21:30 WIB

Anies Cerita Soal Polemik #GetahGetih

Muhammad Yusuf Agam
Anies Cerita Soal Polemik #GetahGetih
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bicara soal polemik karya seni instalasi bambu Getah Getih yang mejeng di Bundaran HI, Jakarta Pusat yang kini dirobohkan. Getah Getih yang dibangun dengan biaya Rp 550 banyak dikritik.
Anies awalnya bicara soal awal mula dibangunnya Getah Getih karya Joko Avianto. Anies menyebut instalasi bambu itu dibangun untuk menyambut pesta olahraga Asian Games 2018.
"Pertama, instalasi itu bagian dari penyambutan acara Asian Games, Agustus tahun lalu. Sebagaimana berbagai atribut yang dipasang di sekitar Senayan dan berbagai wilayah Jakarta, itu semua bukan permanen. Seselesainya Asian Games, maka semua atribut dilepas kembali," tulis Anies dalam akun Instagramnya, Sabtu (20/7/2019).
Anies mengatakan Getah Getih seharusnya hanya bertahan selama 6 bulan, namun justru 11 bulan. Anies lalu menyebut-nyebut soal pembiayaan instalasi bambu ini.
""Perlu disadari bahwa pengeluaran pemerintah itu beda dengan pengeluaran perusahaan atau pribadi. Pengeluaran pemerintah juga bertujuan menggerakkan perekonomian, meratakan manfaat anggaran untuk orang banyak

Apalagi, jika penerima manfaat itu adalah kelompok-kelompok masyarakat yang jarang menerimanya. Itu prinsip dasar ekonomi makro," ujarnya.

Anies mengatakan pembangunan instalasi bambu ini justru memberikan manfaat bagi perekonomian. Sebab, penggunaan bambu membuat para pengrajin seni mendapat berkah untuk mengerjakan proyek ini.
"Kita sengaja memilih instalasi dari bahan bambu agar dana itu menjangkau petani bambu, seniman bambu, dan tenaga kerja trampil di bidang bambu. Jasa angkutan, para tukang yang memasang hingga tukang yang membongkar. Itu semua adalah akibat dari pilihan material bambu. Ia menggerakkan ekonomi lokal, kecil, dan rakyat kebanyakan," sebut Anies.
Anies juga mengklaim bahwa beridirnya Getah Getih ini telah membuat masyarakat Jakarta senang dan menikmati karya anak bangsa.
"Soal karya seni itu sendiri. Alhamdulillah, syukur tak terhingga banyaknya warga yang sudah menyaksikan, menikmati dan berswafoto di depan #GetihGetah itu," tutur Anies. [hpy]

#AniesBaswedan #GetahGetih
BERITA TERKAIT
Bina Siswa SMK, Anies Libatkan Ahli dari Jerman
(Mobil Listrik) Anies Berencana Beri Insentif Tarif Parkir
Pendaftar Rumah DP Rp0 Diseleksi Ketat
Anies Bakal Evaluasi Perluasan Rute Ganjil-Genap
Wacana ASN Kerja dari Rumah, Ini Kata Anies
Anies Minta Satpol PP Tegas dan Manusiawi
Anies Ajak Warga Ramaikan Festival Literasi di TIM

kembali ke atas