NASIONAL

Senin, 22 Juli 2019 | 14:08 WIB

Putra Sultan Hamengku Buwono IX Berpulang

Aris Danu
Putra Sultan Hamengku Buwono IX Berpulang
(Foto: ist)

INILAHCOM, Yogyakarta - Kabar duka datang dari keluarga Keraton Yogyakarta. Putra Sultan Hamengku Buwono IX, GBPH Cakraningrat HB IX (RM Prasasto) meninggal dunia.

GBPH Cakraningrat dikabarkan berpulang pada Minggu (21/7/2019) pada pukul 20.38 di Rumah Sakit Abdi Waluyo Menteng, Jakarta Pusat.

Almarhum merupakan putra kedua dari istri ke-4 Raja Keraton Yogya Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Kanjeng Raden Ayu (KRA) Ciptamurti yang total memiliki enam putra/putri.

Dari Jakarta, jenazah almarhum rencananya disemayamkan lebih dulu di Ndalem Prabukusuman, Alun-Alun Selatan, Yogyakarta. Setelahnya pukul 14.00 WIB, jenazah almarhum diberangkatkan ke Masjid Agung Kauman untuk disalatkan.

"Almarhum akan disemayamkan di Ndalem Prabukusuman. Rencananya akan dimakamkan di Pemakaman Kotagede," kata putra GBPH Prabukusumo, Raden Mas Harcanie Prabu Putra kepada wartawan, Senin (22/7/2019).

Harcanie menjelaskan, almarhum merupakan adik tiri dari ayahnya, GBPH Prabukusumo dan juga Raja Keraton Yogya saat ini, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Prabukusumo merupakan putra dari istri ke-3 Sultan HB IX, KRA Hastungkara. Sedangkan Sultan HB X merupakan putra istri ke-2 HB IX, Bendara Raden Ayu (BRA) Windyaningrum.

Semasa hidupnya, GBPH Cakraningrat dan sejumlah Rayi Dalem Keraton Yogyakarta berseberangan pandangan dengan Sri Sultan HB X dalam hal polemik suksesi di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Bahkan, tentang wacana yang mengemuka tentang Pembayun atau GKR Mangkubumi dipersiapkan menjadi putri mahkota, Cakraningrat menyampaikan penolakannya.

#SultanHamengkubuwonoIX
BERITA TERKAIT
Begini Cerita Korban KM Santika yang Terbakar
(Pemindahan Ibu Kota) HNW: Jika Pemerintah Punya Uang Mending untuk BPJS
PKS Tolak Tuntutan untuk Bubarkan Banser
Pemprov Jabar Kirim Lima Ulama Dakwah ke Inggris
ICW Sebut 20 Capim KPK yang Lolos Biasa Saja
Warga Gresik Geruduk Pengajian yang Diduga Syi'ah
Zulhas Tak Ambil Pusing Soal Pin Emas Anggota DPR

kembali ke atas