NASIONAL

Senin, 22 Juli 2019 | 14:17 WIB

Tim Teknis Polri Mulai Dalami Temuan Kasus Novel

M Yusuf Agam
Tim Teknis Polri Mulai Dalami Temuan Kasus Novel
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Tim teknis yang dipimpin Kabareskrim Polri Komjen Idham Azis mulai mempelajari temuan-temuan dari Tim Pencari Fakta (TPF) untuk mengungkap kasus penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK, Novel Baswedan.

"Saat ini pak Kabareskrim sedang mempelajari temuan-temuan dari tim pencari fakta atau tim pakar," kata Kadiv Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal di Mabes Polri, Jakarta, Senin (22/7/2019).

Iqbal menambahkan, tim teknis akan mulai bekerja pada awal Agustus nanti. Saat ini, dokumen yang mencapai 1000 halaman lebih dari TPF masih dipelajari terlebih dahulu.

"Itu kan tebel, berapa halaman tuh, dan itu harus dipelajari secara komprehensif, ini kan upaya penyelidikan dan penyidikan selanjutnya," jelasnya.

Soal unsur personel dalam tim teknis, Iqbal memastikan orang-orang tersebut merupakan penyidik yang profesional dengan kemampuan teknis yang diatas rata-rata. Selain itu, dari inafis dan Densus 88 juga diterjunkan.

"Tidak kalah pentingnya memilih personel-personel terbaik yang kemarin saya sampaikan dari semuanya, Inafis, Pusident, sampai ke Densus 88 terbaik karena kasus ini penting, sehingga saya prediksi dalam beberapa minggu ke depan ini masih perlu waktu untuk mempelajari dan memilih," tuturnya.

Diketahui, penyidik senior KPK Novel disiram air keras pada 11 April 2017 di dekat kediamannya di Jalan Deposito, Kelapa Gading, Jakarat Utara. Saat itu, Novel baru saja pulang usai sholat subuh di dekat rumahnya.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian pun membentuk TPF yang berisikan Komnas HAM, Kompolnas, Ombudsman dan pihak lainnya. TPF ini telah bekerja selama 6 bulan sejak 8 Januari 2019. Temuan-temuan ini telah diserahkan ke Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan merekomendasikan Polri untuk membentuk tim teknis spesifik untuk mendalami temuan-temuan dari TPF.

Presiden Jokowi merespon kinerja TPF. Ia mengucapkan terima kasih atas kinerja TPF yang berisikan pakar. Jokowi juga meminta Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk mengungkap kasus Novel dalam waktu 3 bulan ke depan

#NovelBaswedan #KPK #TGPF
BERITA TERKAIT
(Bursa Menteri) KPK Harap Jokowi Perhatikan Rekam Jejak
KPK Soroti Laporan Harta Kekayaan Calon Pimpinan
Catatan Negatif KPK Untuk 20 Calon Pimpinan
Kejagung Langsung Serahkan Jaksa Tersangka ke KPK
KPK Cegah Anak Dan Istri Pengusaha Paulus Tanos
KPK Panggil Mantan Gubernur Jatim Pakde Karwo
KPK Langsung Tahan 2 Tersangka OTT Yogya

kembali ke atas