NASIONAL

Selasa, 06 Agustus 2019 | 04:00 WIB

Ada Korban di Insiden Ledakan Sutet Gunungputri

Ray Muhammad
Ada Korban di Insiden Ledakan Sutet Gunungputri
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Agus Triatmaja mengungkapkan adanya korban dalam insiden ledakan listrik di menara transmisi Desa Malon Gunungpati yang menyebabkan mati lisrik di Pulau Jawa.

Ia mengatakan, kerusakan Sutet di Gunungpati Semarang yang diakibatkan adanya pohon yang terlalu tinggi menimbulkan lonjakan listrik dan ledakan yang melukai dua korban.

"Tegangan sangat tinggi dan loncatan listrik tersebut, mengakibatkan terjadinya ledakan yang menciderai orang di sekitarnya," ujar Agus, Senin (6/8/2019).

Berdasarkan informasi, kejadian ini menyebabkan dua orang korban luka yang salah satunya dilarikan ke rumah sakit. Identitas korban belum diketahui.

"Pohonnya (yang menjadi pemicu kerusakan menara transmisi) sudah dilakukan penebangan sore hari itu juga," pungkasnya.

Diberitakan, ledakan yang terjadi di jaringan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) di Semarang disinyalir menjadi salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya mati listrik di beberapa wilayah di Pulau Jawa, Minggu (4/8/2019).

Adapun kesimpulan sementara dari pihak kepolisian, kerusakan Sutet di Gunungpati Semarang diakibatkan adanya pohon yang terlalu tinggi.

Polisi menyebut, kerusakan diakibatkan oleh adanya pohon yang ketinggian melebihi batas, setinggi 8,5 meter sehingga berakibat lonjakan listrik yang disertai bunyi ledakan.

Hal itulah yang menyebabkan terjadinya suara ledakan di sekitar menara transmisi. Dengan demikian, dapat dipastikan ledakan bukan dikarenakan adanya aksi sabotase atau terorisme.

#MatiListrik #PLN
BERITA TERKAIT
Besok, Polri Rilis Hasil Investigasi Blackout PLN
Polisi Periksa 15 Saksi Ungkap Mati Listrik Massal
Polri Bentuk Tim Usut Penyebab Pemadaman Listrik
Polisi dan PLN Bentuk Tim Usut Kasus Mati Listrik
(Listrik di Banten-Jabar Masih Padam) PLN Siapkan Pasokan Listrik 1.000 MW
Pemerintah Diminta Tuntaskan Kisruh Proyek Marunda
2 Parpol di Jember Merapat ke Gerindra

kembali ke atas