TEKNOLOGI

Selasa, 06 Agustus 2019 | 07:30 WIB

10 Aplikasi Foto & Video Berpenghasilan Terbesar

10 Aplikasi Foto & Video Berpenghasilan Terbesar
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, San Francisco - Aplikasi berbagi video besutan Google, YouTube, menjadi aplikasi kategori foto dan video dengan penghasilan nomor satu di dunia, demikian menurut catatan firma riset pasar Sensor Tower.

Pada Q2 2019, YouTube disebut meraup pendapatan sekitar US$138 juta atau sekitar Rp2 triliun yang berasal dari pengeluaran pengguna (user spending). Angka ini meningkat 220 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu.

Mengutip The Next Web, sebanyak 70 persen dari hasil pendapatan pada aplikasi video milik Google tersebut berasal dari pengguna YouTube di AS. Sementara, 7 persen berasal dari Jepang dan 4 persen berasal dari Inggris.

Di bawah YouTube, ada aplikasi video pendek besutan Tencent, Kwai, yang mendulang pendapatan dari user spending sekitar US$78 juta atau sekitar Rp1 triliun di Q2 2019.

Selanjutnya, ada aplikasi video pendek populer TikTok, aplikasi video 17 LiveAF, dan aplikasi berbagi foto dan video PicsArt, yang membuntuti aplikasi Kwai.

Uniknya, tiga aplikasi kategori foto dan video terbesar di dunia yang sudah disebutkan Sensor Tower tadi tidak masuk daftar tiga besar aplikasi dengan pendapatan terbanyak di Google Play Store.

Di platform penyedia aplikasi Android itu tiga posisi teratas secara berurutan diisi oleh 17 LiveAF, Twitch, dan PicsArt.

Sementara di Apple App Store, tiga posisi teratas masih diduduki oleh YouTube, Kwai, dan TikTok, sebagai aplikasi dengan pendapatan dari user spending terbanyak.

Meski demikian, SensorTower tidak mencantumkan berapa pendapatan tiga aplikasi kategori foto dan video teratas di kedua platform penyedia aplikasi resmi tersebut.

SensorTower mencatat pendapatan user spending di kuartal kedua tahun ini terhitung dari tanggal 1 April hingga 30 Juni silam.

Total angka yang dicatat SensorTower juga belum termasuk pendapatan dari platform penyedia aplikasi Android pihak ketiga.

#SensorTower #aplikasi #YouTube
BERITA TERKAIT
Pengguna Kini Bisa Nikmati YouTube Music di Waze
Obyek KPI Awasi Netflix dan YouTube Dipertanyakan
'KPI Tidak Berhak Awasi Netflix dan YouTube'
SehatQ Hubungkan dengan 9.000 Dokter di Indonesia
RedDoorz Dapat Suntikan Dana Lagi US$70 juta
Pasar Mobil Listrik China Naik, BYD Untung Besar
Telkomsel Siap Kawal Kaltim Sebagai Ibukota Baru

kembali ke atas