NASIONAL

Rabu, 07 Agustus 2019 | 23:13 WIB

Pemilu 2019 Aman, KPU Beri Penghargaan ke Polri

M Yusuf Agam
Pemilu 2019 Aman, KPU Beri Penghargaan ke Polri
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyambangi Mabes Polri untuk memberikan penghargaan kepada Polri atas kesuksesan menjaga keamanan selama kontestasi Pemilu 20119.

Petinggi KPU mulai dari Ketua KPU Arief Budiman, Komisioner KPU Ilham Syahputra hadir di Mabes Polri. Mereka diterima Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto di Rupatama Mabes Polri, Rabu (7/8/2019).

Ketua KPU Arief Budiman menjelaskan alasan KPU memberikan penghargaan kepada Polri. Sebab, kinerja Polri sangat membantu KPU dalam upaya melaksanakan Pemilu yang aman dan damai.

"Kenapa KPU berinisiatif untuk memberikan penghargaan kepada Polri, KPU merasa dalam menjalankan tugas kepemiluan begitu banyak mudah dikerjakan dengan dukungan kepolisian yang maksimal mengingat beberapa kali sistem KPU diserang oleh hacker dari luar sehingga sistem tidak berjalan maksimal," kata Arief.

"Kemudian beberapa isu di publik kita diserang hoaks. Berita yang bohong disebar luaskan ke masyarakat. Ketika dikonfirmasi teman-teman kepolisian langsung ikut ke lapangan misalnya isu 7 kontainer itu penanganan begitu cepat. Belum lagi serangan lain yang membuat KPU merasa nyaman terlindungi dari gangguang untuk menyelenggarakan pemilu yang baik," sambung dia.

KPU, kata Arief merasa sangat terbantu dengan kinerja Polri yang memang sesuai amanat UU sudah menjadi tugas dan fungsi Polri. KPU menyebut selama Pemilu 2019, tidak ada hal-hal yang menonjol.

"Atas beberapa peristiwa kejadian serta kegiatan rutin misalnya pengawalan pasangan capres dan cawapres semua berjalan baik. Kegiatan kampanye relatif tidak ada hal buruk yang terjadi luar biasa. Atas beberapa hal itu kinerja yang baik maka KPU memberikan penghargaan dan datang langsung ke kepolisian," tuturnya.

Sementara itu, Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto menyambut baik penghargaan dari KPU. Menurut eks Kabareskrim ini, penghargaan ini bisa menjadi pelecut Polri untuk bekerja lebih baik khususnya menghadapi Pilkada 2020.

"Kami dari Polri melaksanakan tugas merupakan tugas dan tanggung jawab rutin. Akan tetapi dengan adanya penghargaan ini akan menjadikan support kepada anggota khususnya yang mendapatkan penghargaan akan lebih semangat untuk menghadapi kegiatan selanjutnya," terang Ari Dono. [adc]

#Pemilu2019 #KPU #Polri
BERITA TERKAIT
Kata Wiranto Soal Baku Tembak TNI-Polri dengan KSB
230 Orang Jadi Tersangka Karhutla, Ini Kata Polri
Tersangka Karhutla Jadi 185 Orang dan 4 Korporasi
Tak Langgar UU, Anggota Polri Sah di Jabatan Sipil
Polri Sebut Irjen Firli Tak Langgar Kode Etik
4 Korban Kecelakaan Cipularang Diduga perempuan
Bobol Bank BUMN Rp 16 Miliar, 2 Orang Ditangkap

kembali ke atas