NASIONAL

Sabtu, 10 Agustus 2019 | 18:06 WIB

Jokowi Diminta Bangun Pemerintahan yang Efektif

Jokowi Diminta Bangun Pemerintahan yang Efektif
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - CEO Cyrus Network, Hasan Hasbi mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus merangkul semua elemen masyarakat untuk menciptakan pemerintahan yang efektif pada periode kedua yakni 2019-2024.

"Perlu dilakukan upaya merangkul sebanyak mungkin energi bangsa, kekuatan-kekuatan politik supaya bisa membangun pemerintahan yang efektif," kata Hasbi, Sabtu (10/8/2019).

Menurut dia, pemerintahan yang efektif salah satunya harus ada perencanaan melalui legislasi. Karena, kata dia, apabila kekuatan di parlemen banyak yang mendukung tentu semakin bagus. Kemudian, eksekutif yang mengeksekusi rencana juga harus bagus dan kompeten.

"Ketika presiden diberikan opsi banyak orang kompeten kan bagus, tapi jangan sampai presiden dibelenggu juga," ujarnya.

Karena, Hasbi mengatakan masyarakat sebenarnya sudah lelah melihat adanya upaya pemecahanbelahan politik yang terjadi beberapa tahun terakhir. Maka, diharapkan pemerintahan kedepan dapat efektif.

"Di sini terlihat masyarakat berharap bisa terbentuk pemerintahan yang efektif dari Pemilu yang lalu," jelas dia.

Untuk diketahui, Cyrus Network melakukan survei terkait penyelenggaraan pemilu legislatif dan pemilu presiden 2019 dimana masyarakat berharap agar pemilu tersebut bisa menghasilkan pemerintahan yang efektif.

Dalam survei tersebut, tercatat 90 persen responden menerima hasil Pileg dan Pilpres dan sekitar 93 persen responden menilai Pemilu 2019 berjalan aman dan tertib. Kemudian, responden juga puas dengan adanya pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Prabowo sebesar 63 persen.

Survei dilaksanakan pada 22-28 Juli 2019 dengan melibatkan 1.230 responden di 34 provinsi di Indonesia. Tingkat kepercayaan survei ini 95 persen dengan margin of error sebesae 3 persen.[ris]

#Jokowi
BERITA TERKAIT
Lenis Kogoya Lapor Jokowi Strategi Masalah Papua
Pemerintah Didorong Siapkan SDM Unggul Berinovasi
(Paska Kerusuhan Manokwari) Jokowi Akan Kembali Diajak ke Papua & Papua Barat
Koalisi Jokowi Buka Pintu Penambahan Pimpinan MPR
Periode II Jokowi, PPP Dapat Lebih Dari 1 Menteri
Menteri Muda Jokowi, Erick Tohir: Saya Tidak Tahu
BPK Dipuji Presiden, Petahana Layak Dipertahankan

kembali ke atas