BOLA

Senin, 12 Agustus 2019 | 17:53 WIB
(Piala AFF U-18 2019)

Indonesia U-18 Pastikan Tempat di Semifinal

Arif Budiwinarto
Indonesia U-18 Pastikan Tempat di Semifinal
(twitter)

INILAHCOM, Ho Chi Minh City - Timnas Indonesia U-18 memastikan satu tempat di semifinal Piala AFF U-18 2019 setelah di matchday empat meraih kemenangan tipis 2-1 atas Laos U-18.

Pada pertandingan yang berlangsung di Thong Nat, Ho Chi Minh City, Senin (12/8/2019) sore WIB, Laos berupaya menekan di awal babak pertama. Tendangan bebas yang dilepaskan oleh Chony Wenpaseth arahanya masih jauh dari gawang Indonesia yang dikawal Ernando Ari.

Perlahan Indonesia keluar dari tekanan Laos. Peluang pertama Garuda Nusantara diperoleh Sutan Zico. Sayang bola umpan dari Supriadi terlebih dulu ditangkap kiper Solasak sebelum disambar Zico.

Indonesia harus kehilangan Muhammad Supriadi di menit ke-35 karena mengalami cedera, posisinya digantikan Fajar Fatur Rachman.

Masuknya Fajar menambah segar aliran bola dari sektor wing kiri. Mendekati akhir babak pertama, umpan Fajar dari sisi kiri masih terlalu tinggi untuk dijangkau Bagus.

Menit pertama injury time, upaya Beckham Putra memberikan umpan tendangan sudut bolanya masih bisa dihalau oleh kiper Solasak dengan tinjuan.

Di awal babak kedua, Bagus Kaffi berusaha memberi ancaman ke gawang Laos. Sepakannya masih melambung tinggi dari gawang. Begitu juga dengan percobaan Beckham Putra yang masih tepat dalam tangkapan kiper.

Laos bukan tanpa ancaman di babak kedua. Chony Wnepasert mampu menghindari kawalan Bagus kemudian melepaskan tendangan keras, namun beruntung masih bisa ditepis Ernando.

Menit ke-65 terjadi kemelut di depan gawang Laos. Bagus berusaha berusaha melepaskan percobaan namun gagal, bola liar di depan gawang disambar Zico tetapi bola malah melayang ke atas.

Laos terlebih dulu mencetak gol di menit ke-69. Alounnay melewati Hadangan Riski Ridho kemudian melepaskan sepakan keras yang gagal dijangkau Ernando.

Indonesia tak perlu waktu lama untuk menyamakan skor. Bagus Kaffi terlebih dulu mengelabui sejumlah pemain Laos di area penalti sebelum melepaskan tendangan kaki kiri yang tepat bersarang di kiri bawah gawang Laos. Skor imbang 1-1.

Usai gol tersebut, Indonesia semakin intensif menekan pertahanan Laos. Zico memanfaatkan kelengahan lini pertahanan lawan dan menanduk bola ke arah gawang, namun bola masih bisa diamankan oleh kiper yang sangat rapuh di pertandingan ini, Solasak.

Indonesia memastikan kemenangan 2-1 setelah di masa injury, Anoulack melakukan gol bunuh diri. Mencoba menghalau umpan Bagas Kaffa, bola mengenai kakinya dan masuk ke gawang sendiri. Sampai laga usai, skor 2-1 tak berubah.

Dengan hasil ini, Indonesia dipastikan lolos ke semifinal. Skuad asuhan Fakhri Husaini sudah mengumpulkan 12 poin hasil dari empat kemenangan, sedangan Laos semakin kecil peluangnya melaju ke empat besar.

Di pertandingan terakhir, Indonesia akan jumpa Myanmar pada 14 Agustus lusa.

Susunan Pemain

Indonesia: Ernando Ari, Salman Alfarid, Alfreanda Dewangga, Riski Ridho, Bagas Kaffa, Brylian Aldama, David Maulana, Braif Fatari, Bagus Kaffi, Sutan Zico, M. Supriadi.

Laos: Solasak Thilavong, Khamsanga Phimmansone, Anoulack Vannalath, Saleunxay Phommavong, Channichone Chanthavong, Thanouthong Kietnalonglop, Bounmy Pinkeo, Phouvieng Phounsavath, Alounnay Lounlasy, Akkhom Thoranin, Chony Wenpaseth.

#AFFU-18 #IndonesiaU-18
BERITA TERKAIT
Fakhri Komentari Jadwal Timnya Hadapi Iran U-18
(Piala AFF U-18 2019) Dimbangi Myanmar, Indonesia Juara Grup A
(Grup A Piala AFF U-18 2019) Rekor Pertemuan Indonesia U-18 vs Myanmar U-18
(Piala AFF U-18 2019) Indonesia Belum Pikirkan Calon Lawan di Semifinal
(Indonesia U-18 6-1 Brunei U-18) Menang Besar Atas Brunei, Ini Komentar Fakhri
(Piala AFF U-18 2019) Indonesia U-18 Bekuk Brunei U-18 6-1
(Grup A Piala AFF U-18 2019) Jadwal Live Indonesia U-18 vs Brunei U-18

kembali ke atas