MOZAIK

Rabu, 14 Agustus 2019 | 09:00 WIB

Wanita Ahli Ibadah: Tidur Lamaku Kelak di Kuburan

Wanita Ahli Ibadah: Tidur Lamaku Kelak di Kuburan
(Foto: Ilustrasi)

DALAM kitab Thaharah al-Qulub wa al-Khudlu li Allam al-Ghuyub, Sayyid Abdul Aziz al-Darani mencatat kisah wanita ahli ibadah. Berikut kisahnya:

Ada seorang wanita ahli ibadah. Dia tidak pernah tidur di malam hari kecuali sebentar saja. Karena itu seseorang menegurnya. Wanita itu menjawab:

Cukuplah tidur lama di kuburan (kelak) sebagai tidur (peristirahatanku). (Sayyid Abdul Aziz al-Darani, Thaharah al-Qulub wa al-Khudlu li Allm al-Ghuyub, Beirut: Darul Kutub al-Ilmiyyah, 2003, h. 145)

Dengan mengajukan kisah ini, Sayyid Abdul Aziz hendak mengajak kita untuk mempersiapkan diri secara batin dalam menjalani kehidupan. Niat yang tulus hanya akan hadir dari kesiapan jiwa yang baik. Salah satu cara penyiapan jiwa yang baik adalah dengan memperkuat perasaan takut akan siksa-Nya dan rindu akan rida-Nya. Penggunaan kata tidur lama di kuburan kelak sebagai tidur peristirahatan memberikan beberapa hal untuk dipahami.

Pertama, untuk merasakan istirahat panjang di alam kubur seperti halnya tidur di saat hidup, kita harus bersih dari dosa atau hanya memiliki sedikit dosa, dan banyak amal. Banyaknya amal pun belum bisa menjamin kenikmatan istirahat kita di alam kubur tanpa rahmat Allah subhanahu wata'ala.

Kedua, bahwa dunia adalah tempat pencari bekal untuk kehidupan yang sesungguhnya, yaitu kehidupan akhirat. Dan yang terakhir, ketiga, orang yang tidak menyiapkan bekal dan menanggung banyak dosa tidak bisa beristirahat dengan tenang di kuburnya. Dia akan disiksa karena dosa dan kejahatannya selama hidup.

Sebelum berkisah tentang wanita ahli ibadah tersebut, Sayyid Abdul Aziz al-Darani memberikan pertanyaan kontemplatif. Beliau menulis:

Berpikirlah kenapa kau diciptakan? Karena orang yang Allah kehendaki kebaikan akan dipahamkan (dididik) dalam persoalan agama. Nafsu nyaris tidak akan mengikutimu dengan sukarela, ambillah peralatan perang (untuk berjuang melawannya). (Sayyid Abdul Aziz al-Darani, Thahrah al-Qulub wa al-Khudlu li Allam al-Ghuyub, 2003, h. 145)

Sayyid Abdul Aziz mendorong kita untuk berpikir kenapa kita diciptakan. Pertanyaan itu dijawab Allah dengan sederhana (QS. Al-Dzariyat: 56), li-yabuduniagar manusia dan jin mengabdi/menyembah kepadaKu. Jawaban ini memiliki sisi teoritis sekaligus praksis. Bisa saja kita memberikan jawaban panjang lebar menggunakan berbagai pendekatan, tapi efeknya tidak akan sebesar jawaban simple di atas yang bisa dipahami semua orang dalam kehidupan sehari-hari. Jawaban yang bisa katakan sebagai sumber asal pedoman hidup manusia, yaitu menyembah dan mengabdi kepada-Nya.

Jawaban ini pun bergaris lurus dengan pernyataan Sayyid Abdul Aziz al-Darani tentang orang yang dikehendaki Allah kebaikan, dia akan dipahamkan dalam persoalan agama. Pernyataan tersebut sebenarnya berasal dari hadis (HR. Imam al-Bukhari), man yuridillahu bihi khairan yufaqqihhu fid dnbarangsiapa yang dikehendaki Allah kebaikan baginya, Allah akan memahamkannya dalam urusan agama.

Bukan berarti jika ada orang jahat, itu karena Allah tidak menghendakinya kebaikan, bukan. Kita harus memandang hadis tersebut sebagai kehendak Tuhan yang Mahabaik, yaitu kehendak kebaikan untuk seluruh ciptaan-Nya, khususnya manusia. Tidak mungkin Tuhan menghendaki keburukan untuk makhluk-Nya, tidak mungkin. Tuhan selalu menghendaki kebaikan untuk seluruh makhluk-Nya. Salah satu buktinya adalah diturunkannya berbagai kitab suci dan diutusnya para nabi dari masa ke masa untuk mendidik manusia dan memahamkannya dalam agama.

Karena itu, Sayyid Abdul Aziz al-Darani menasihati kita untuk mengambil perlengkapan perang melawan hawa nafsu. Orang yang dikuasai oleh hawa nafsunya, akan sukar menerima pendidikan dan pemahaman agama dengan baik, padahal itu kehendak Allah. Artinya, orang yang mengacuhkan ketetapan Allah yang berupa menghendaki kebaikan, dia telah berdosa.

Hadis itu mendorong kita untuk welcome pada kehendak kebaikan Allah untuk manusia, sehingga kita bisa menerima pendidikan dan pemahaman agama yang menyelematkan kita di dunia dan akhirat. Seringkali kita sendiri yang tidak merasakan pendidikan yang Allah berikan pada kita. Padahal, jika kita melihat ke segala arah, mengukur ke dalam diri, dan mengamati gerak semesta, kita akan menemukan banyak pengetahuan, bahkan dari kerapian bebek yang melintasi jalanan.

Dalam bulan Ramadan adalah waktu yang tepat untuk memperbaharui hati kita agar lebih bersih dari sebelumnya, dengan berpuasa, memperbanyak ibadah dan memanjatkan doa kepada-Nya. Oleh karena itu, di tengah-tengah munajatnya, Sayyid Abdul Aziz al-Darani mengakui ketidak-mampuannya sebagai manusia dengan cara menghamba. Di hadapan-Nya, ia merendahkan diri dan akalnya serendah-rendahnya. Ia berujar:

Akal kebingungan dalam menggambarkan kebesaran-Mu dan pengetahuan terlalu lemah untuk meliput kesempurnaan-Mu. (Sayyid Abdul Aziz al-Darani, Thahrah al-Qulub wa al-Khudlu li Allm al-Ghuyub, 2003, h. 146)

Karena itu, kita harus terus memohon petunjuk Allah. Karena secerdas apapun akal kita, tak mungkin dapat mengumpulkan bahasa untuk menggambarkan kebesaran-Nya. Sebanyak apapun pengetahuan kita, tak mungkin bisa merangkai kata untuk melukiskan kesempurnaan-Nya. Semoga kita bisa terhindar dari segala keburukan. Amin. Wallahu alam bish shawwab..

Muhammad Afiq Zahara, alumni PP. Darussaadah, Bulus, Kritig, Petanahan, Kebumen.

#AhliIbadah #Tidur #Kuburan
BERITA TERKAIT
Dilarang, Hubungan Suami-Istri Tanpa Busana
Jagalah Tauhid, InsyaAllah Anda Masuk Surga
(Mat Kelor Berhaji Lagi (17)) Ikutilah Orang yang Kamu Ikuti
Rumi : Pergelangan Tangan Raja
Semangat Memberi Makan, Minum dan Pakaian
Yuk, Praktikkan Adab ke Masjid!
Tradisi Jahiliah yang Masih Dilakukan Hingga Kini

kembali ke atas