EKONOMI

Selasa, 13 Agustus 2019 | 19:45 WIB

Kesal Sama Mendag Enggar, Rizal Dorong Nyali KPK

Kesal Sama Mendag Enggar, Rizal Dorong Nyali KPK
Ekonom senior Rizal Ramli (inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ekonom senior Rizal Ramli mendorong KPK sungguh-sungguh dalam mengungkap dugaan korupsi izin impor. Dia menduga Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita harus bertanggung jawab.

"Delapan bulan lalu saya ajukan kasus permainan ugal-ugalan ini ke KPK, bukti-buktinya dalam kasus bawang, dalam kasus gula, pasal-pasalnya semuanya," ucap Rizal kepada wartawan, Jakarta, Senin (12/8/2019).

Rizal merasa yakin bahwa penangkapan tersangka kasus suap impor bawang yang dilakukan KPK baru-baru ini, berdasarkan informasi darinya. Sayangnya, kasus yang digarap KPK ini tergolong kelas teris alias ecek-ecek. "Sampai titik ini KPK baru nangkep yang soal bawang doang, ini mah masih kecil nih. Ada lagi yang lebih besar, gula lebih gede. Saya bingung kok malah bawang putih yang digedein gitu. Karena gula nih lebih gede lagi, belum garam," tegas Rizal.

Rizal menduga, korupsi dilakukan dengan menambahkan besaran impor yang membuat para petani dan petambak menjerit. "Dia melebihkan impor yang seharusnya berapa dia tambahin dua juta ton untuk gula. Garam dia tambahin 1,5 juta ton. Sehingga petani petambak itu nangis, ini pemerintah kejam banget," jelasnya.

Rizal pun menyentil KPK dengan mempertanyakan nyali lembaga penjagal koruptor itu. "KPK tiga bulan yang lalu sudah gerebek kantor Enggar, ketemu bukti-bukti memo-memo tentang gula. Nah saya memang bertanya-tanya, kok KPK bisa-bisanya orang ketika tiga kali dipanggil gak datang kok diam saja? Kok nyalinya cuma segitu. Kok sama yang lain berani gitu loh, ada apa?," tandasnya. [ipe]

#MendagEnggar #RizalRamli #Impor #KPK
BERITA TERKAIT
Indonesia Surganya Produk Asing, Rektor Saja Impor
Ekonomi Nyungsep, Politisi PDIP Setuju Rizal Ramli
2020 Ekonomi Bisa 7%, Jokowi Cuman Pasang 5,3%
Pamor Kuat Rizal Ramli di Mata Pemimpin
(HUT RI Ke-74) Catatan Kritis Rizal Ramli untuk Jokowi
RR Sebut SMI Menkeu Terbalik, Ini Kata Said Didu
Borong Crude 39 KKS, Pertamina Sukses Gerus Impor

kembali ke atas