GAYA HIDUP

Jumat, 16 Agustus 2019 | 12:40 WIB

Dermatitis Atopik Menyerang Semua Kalangan

Mia Umi Kartikawati
Dermatitis Atopik Menyerang Semua Kalangan
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Masyarakat dihimbau untuk mewaspadai Dermatitis Atopik (DA), suatu penyakit kulit kronis yang dapat menyerang semua umur, dari bayi sampai dengan lansia, dan mengenai semua jenis kelamin.

DA dapat membuat kulit meradang, gatal, kering, dan pecah-pecah dan jika tidak segera ditangani akan menurunkan kualitas hidup. Karena itu, segera konsultasikan ke dokter sepesialis kulit agar mendapatkan penanganan secepatnya.

Menurut data World Allergy Organization 2018, prevalensi penderita DA pada anak sebesar 5-30 persen dan pada dewasa sebesar 1-10 persen dari populasi dunia.

DA merupakan penyakit kulit yang diturunkan secara herediter sehingga sebaiknya tidak memakai terminologi sembuh, melainkan terkontrol, kata dr. Anthony Handoko, SpKK, FINDV, CEO Klinik Pramudia dalam Seminar Media, Jakarta, Jumat, (16/08/2019).

Masih menurutnya, DA dapat dicetuskan oleh banyak faktor, antara lain cuaca panas, perubahan cuaca, keringat yang banyak, debu, daya tahan menurun, stress dan gigitan seranggga.

"Secara umum penderita DA cenderung memiliki kulit yang cenderung kering dan gejala utama pada penderita DA adalah merah dan gatal, sehingga sering disebut dengan istilah eczema atau eksim, lanjutnya.(tka)

#dermatitisatopik #DA #penyakit #kulit #bayi #lansia
BERITA TERKAIT
Penyebab Diare pada Bayi dan Anak
dClinic Terus Berikan Pelayanan Kesehatan Terbaik
Serap Wisatawan, OT Group Dukung Sail Nias
Berbelanja Kini Semakin Nyaman
Uniqlo Hadir di MOI
Jepang Masih jadi Incaran Wisatawan
Masyarakat Heboh Belanja Online Telepon Pintar

kembali ke atas