EKONOMI

Sabtu, 17 Agustus 2019 | 14:06 WIB

HUT RI, KAI Gratiskan 5 Kereta Api Lokal

HUT RI, KAI Gratiskan 5 Kereta Api Lokal
(Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Daop 1 Jakarta memberlakukan tarif Rp 0 alias gratis untuk lima kereta api lokal pada Sabtu (17/8) dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.

"PT KAI Daop 1 pada hari ini memberikan promo dengan menggratiskan kereta-kereta lokal," ujar Executive Vice President PT KAI Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah di Stasiun Gambir, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Tujuan PT KAI Daop 1 Jakarta menggratiskan kereta-kereta lokal tersebut karena pada Sabtu (17/8) ini merupakan pesta rakyat, sehingga PT KAI Daop 1 Jakarta ingin berbagi kebahagiaan dengan masyarakat dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.

Selain itu, pemberlakuan tarif Rp 0 tersebut juga untuk sosialisasi gerakan menggunakan transportasi massal kereta api. "Untuk tahun ini pemberlakuan tarif Rp 0 bagi kereta-kereta lokal tersebut merupakan yang pertama kali," kata Dadan.

Kereta-kereta api lokal yang dikenakan pemberlakuan tarif Rp 0 atau gratis tersebut, antara lain kereta api Jatiluhur relasi Cikampek-Tanjung Priok (PP), kereta api Siliwangi dengan relasi Ciranjang-Cianjur-Sukabumi (PP), kereta api Patas Merak/Merak Jaya relasi Merak - Rangkasbitung (PP), kereta api Cilamaya-Cepat Purwakarta relasi Purwakarta-Tanjung Priok (PP), dan kereta api Walahar Expres/Ekonomi Lokal relasi Tanjung Priok-Purwakarta (PP).

Walaupun gratis, pengguna kereta api harus tetap memiliki tiket dengan nominal Rp 0 yang bisa didapatkan di loket stasiun keberangkatan secara go-show mulai tiga jam sebelum keberangkatan kereta api.

Adapun kuota tiket gratis ini sesuai dengan toleransi kapasitas maksimum masing-masing kereta api. Bagi penumpang yang telah membeli tiket jauh-jauh hari dengan tarif normal bisa mengambil pengembalian bea tiketnya di stasiun kedatangan penumpang maksimal tiga hari sejak kedatangan kereta api. Syaratnya, penumpang harus menunjukkan tiket, boarding pass atau boarding pass kepada petugas di stasiun.[tar]

#HUTRI #KAI
BERITA TERKAIT
Jurus Pemprov Jabar Peroleh Lahan Revitalisasi KA
KESDM Andalkan LTSHE Naikkan Elektrifikasi
(Iuran BPJS Naik) Kemenkeu Sindir Warga Lebih Prioritas Beli Rokok
Angkutan Logistik Harus Efisien
Harus Setor Rp200T, Pabrik Rokok Siap Gulung Tikar
Perizinan Mudah, Tarik Investasi Migas di Daerah
ABI Akan Gelar Empowering Blockchain Summit

kembali ke atas