GAYA HIDUP

Minggu, 18 Agustus 2019 | 21:45 WIB

Jemaah Haji Kembali, Kesehatan Terus Dipantau

Mia Umi Kartikawati
Jemaah Haji Kembali, Kesehatan Terus Dipantau
(Foto: Humas Kemenkes)

INILAHCOM, Bekasi - Bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke-74, hari ini menjadi momen berharga untuk para jemaah haji yang telah menunaikan Ibadah Haji di Arab Saudi.

Pukul 01:30 WIB dini hari, Minggu (18/8) para jemaah haji tiba di Embarkasi Bekasi disambut Sekretaris Jenderal Kemenkes drg. Oscar Primadi, Plh. Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat H. Daud Ahmad, Sekda Pemda Kab Bogor Barhanuddin, dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Barat H.A. Buchori.

Kedatangan jemaah haji kloter pertama JKS 1 dari Kabupaten Bogor di Embarkasi Bekasi ini berjumlah 404 jemaah dan 6 orang petugas haji, dengan jumlah yang meninggal 1 orang dan digantikan dengan jemaah haji 1 orang dari JKS 11.

Total kedatangan jemaah haji dan petugas haji keseluruhan 1.635 pada hari sabtu (18/8) terdiri dari wilayah Kabupaten Bogor 410 jemaah, Kabupaten Cianjur 407 jemaah, Kabupaten Bandung 407 jemaah, dan Kota Bekasi 410 jemaah.

Sekjen Oscar mengucapkan selamat kembali ke kampung halaman dan berkumpul kembali bersama keluarga serta menjadi Haji Mabrur. Selain itu, Jemaah Haji yang telah kembali dari Tanah Suci diharapkan bisa menjadi agen kesehatan untuk berbagi pengalaman dan tips tetap sehat agar calon-calon Jemaah haji di lingkungan sekitar.

Agen kesehatan ini dimaksudkan untuk para calon jemaah haji lndonesia di waktu yang akan datang agar dapat mempersiapkan kesehatan dirinya dengan sebaik-baiknya dan dapat memenuhi syarat lstithaah Kesehatan ketika tiba waktu bagi mereka untuk menunaikan ibadah haji.

Bapak dan Ibu, seluruh Jemaah Haji yang sudah sampai malam ini, tetap berada dalam pemantauan petugas kesehatan di Puskesmas selama 14 hari ke depan. Saya berpesan, jika dalam kurun waktu 14 hari ke depan Bapak dan Ibu mengalami sakit, Bapak dan Ibu wajib berobat ke Puskesmas dengan membawa Kartu Kewaspadaan Kesehatan Jemaah Haji (K3JH), jelas Sekjen Oscar, seperti yang dikutip dari siaran pers, Bekasi, Minggu, (18/08/2019).

Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan terbawanya penyakit dari Arab Saudi ke Indonesia, sehingga para jemaah haji harus tetap memperhatikan kondisi tubuh dengan baik.

Menutup sambutannya, Oscar mengucapkan selamat kembali he kampung halaman dan berkumpul kembali bersama keluarga serta menjadi Haji Mabrur dan Mabruroh.(tka)

#jemaah #haji #kesehatan #indonesia
BERITA TERKAIT
dClinic Terus Berikan Pelayanan Kesehatan Terbaik
Uniqlo Hadir di MOI
Jepang Masih jadi Incaran Wisatawan
Ken Rio, Anak Muda Ambil Peran di Dunia Fesyen
Ini Cara Tingkatkan Literasi pada Anak
AIA Fokus pada Gaya Hidup Sehat
Masyarakat Butuh Alat Kesehatan yang Berkualitas

kembali ke atas