EKONOMI

Selasa, 20 Agustus 2019 | 16:45 WIB

Bertemu Kadin Oman, Kamil Jajakan Potensi Jabar

Bertemu Kadin Oman, Kamil Jajakan Potensi Jabar
(Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil memaparkan potensi investasi sejumlah sektor saat menerima kunjungan Delegasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Oman di Bandung, Selasa (20/8/2019).

Menurut Kamil, Jabar mempunyai infrastruktur yang akseptabel. Selain itu, kata dia, Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jabar sedang mengembangkan sejumlah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk sektor industri maupun pariwisata. "Dengan adanya KEK, investor semakin tertarik untuk berinvestasi di Jabar karena ada sejumlah keuntungan dan kemudahan yang didapatkan, seperti izin, ucap Kamil.

Selain sektor industri dan pariwisata, kata Kamil kepada Delegasi Kadin Kesultanan Oman, Jabar memiliki potensi besar di sektor perkebunan. Lahan yang subur menjadi fondasi untuk menghasilkan komoditas perkebunan, seperti kopi dan teh.

"Tropical fruits, semua buah -buahan ada di Jabar, produksi kopi terbaik dunia juga di Jabar. Kalau mau beli bisa kami bantu. Teh, kami juga mau ekspor, kalau boleh kami ingin buka Kafe Jawa Barat di Oman," kata Kamil.

Pada kesempatan yang sama, Kamil memaparkan sejumlah program pembangunan Jabar. Mulai dari program yang berupa fisik atau berkaitan dengan infrastruktur sampai program yang bertujuan membangun karakter masyarakat, seperti One Village One Company dan Satu Desa Satu Hafiz. "Saya punya konsep Jabar Juara Lahir Batin, menyeimbangkan urusan duniawi dengan spiritualitas," kata Kamil.

"Kalau ada beasiswa dari Oman, untuk mendukung program ini, bisa kita terima dengan baik," lanjut Kamil dalam rilis epada media di Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Sedangkan Ketua Kadin Oman, Ali bin Salem bin Saed Al-Hajri mengatakan, sambutan Pemdaprov Jabar begitu hangat. Dia pun menyatakan, banyak pengusaha Oman yang senang melakukan aktivitas bisnis di Indonesia, salah satunya Jabar.

Menurut Al-Hajri, jumlah wisatawan Oman di Indonesia mencapai 26 ribu. Pasalnya, Indonesia memiliki keindahan alam yang luar biasa. Keramahan masyarakat Indonesia pun, kata dia, menjadi daya tarik bagi wisatawan Oman.

Al-Hajri juga memaparkan sejumlah potensi yang dimiliki Oman di berbagai sektor, seperti Migas, Pariwisata, Pertanian, dan Logistik. Untuk sektor Migas, Oman memiliki cadangan Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah.

Sementara itu, di sektor industri, Oman memiliki empat areal industri besar yang dekat dengan pelabuhan terbesa di dunia, yakni Port of Duqm.

"Untuk perkebunan kurma, kami memiliki empat juta pohon kurma. Lalu, ada enam juta pohon lain yang dimiliki swasta dan pribadi. Lalu, ada 14 jenis kurma yang memiliki rasa dan kualitas berbeda," kata Al-Hajri.[ipe]

#PemprovJabar #Investasi #Oman
BERITA TERKAIT
(Investasi Swiss di Indonesia) Sudah Oke, Stadler Bikin Pabrik KA di Banyuwangi
Tekad Jabar Pertahankan Lumbung Beras Nasional
(Bahas Ekonomi) Jokowi Terima Kunjungan Penasehat Presiden China
Pemprov Jabar Jamin Wisata Air tak Tabrak Aturan
Investasi Pertanian 2020 Tembus Rp462,2 Triliun
UU KPK Direvisi, Awas Investor Siap-siap Minggat
Penghambat Investasi Kenapa Baru Dicari Bu Menkeu?

kembali ke atas