DUNIA

Rabu, 21 Agustus 2019 | 09:12 WIB

Lingkaran Maduro Mulai Selamatkan Diri

Lingkaran Maduro Mulai Selamatkan Diri
Pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido (Foto: AFP)

INILAHCOM, Caracas--Pemimpin oposisi dan pemimpin interim Venezuela yang diakui AS, Juan Guaido, mengatakan pejabat yang terkait dengan rezim Nicolas Maduro berusaha menyelamatkan diri mereka sendiri.

Dalam wawancara dengan VOA, seperti dilaporkan, Rabu (21/8/2019), Guaido menanggapi berita bahwa anggota lingkaran dalam Maduro berusaha menghubungi pejabat AS lewat berbagai saluran.

"Tampaknya masing-masing ingin mencari keamanan bagi dirinya, sementara yang kita inginkan adalah sebuah Venezueal yang aman," katanya.

AP melaporkan bahwa AS mengupayakan komunikasi rahasia dengan Diosdado Cabello, ketua parlemen Venezuela. Laporan AP itu mengatakan, pengikut setia Maduro berusaha memperoleh jaminan mereka tidak akan terkena pembalasan apabila mereka meninggalkan kekuasaan.

Cabello membantah hal itu dan menyebutnya sebagai kebohongan dan manipulasi.

Guaido mengatakan kepada VOA dia tahu bahwa beberapa wakil Maduro berada di AS. Dia tidak memerinci tetapi katanya lawatan itu merupakan inisiatif pemerintah yang berkuasa.

Washington Post dan media AS lainnya melaporkan minggu ini, delegasi Maduro menawarkan kemungkinan penyelenggaraan pemilihan presiden sebelum pembicaraan antara pihak oposisi dan pemerintahan Maduro diselenggarakan di Barbados dihentikan. Pembicaraan itu ditujukan untuk mengatasi kebuntuan politik. [voa/lat]

#krisis #venezuela
BERITA TERKAIT
Pasukan Suriah Berhadapan dengan Tentara Turki
Netanyahu Lemah, Hubungan Israel-AS Berakhir?
Kafe Ganja Pertama di AS
AS Akan Terapkan Sanksi Besar Terhadap Turki
Tuduhan Narkoba, Kepala Kepolisian Filipina Mundur
Raja Salman Setujui Pengerahan Pasukan Militer AS
Mendagri Australia Kecam Partai Komunis China

kembali ke atas