MOZAIK

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 02:02 WIB

Kesaksian Allah kepada Orang-orang yang Berilmu

Ustadz Afifuddin Rohaly MM
Kesaksian Allah kepada Orang-orang yang Berilmu
(Foto: Ilustrasi)

ALLAH berfirman dalam QS Ali Imran: 18 yang artinya, "Allahmenyatakan bahwasanya tidak ada ilah (yang berhak diibadahi dengan benar) melainkan Dia, Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tidak ada ilah (yang berhak diibadahi dengan benar) melainkan Dia, Yang Mahaperkasa lagi Mahabijaksana,".

Dalam ayat tersebut Allah mengambil kesaksian Diri-Nya, kemudian orang-orang yang berilmu, kemudian para malaikatNya yang mulia. Kesaksian tersebut adalah bahwa tiada Ilah yang berhak disembah dengan benar kecuali Allah.

Ini adalah salah satu keutamaan dari Allah untuk ahli ilmu. Ayat ini pula menegaskan bahwa Allah menyatakan bahwa ahli ilmu (ulama) adalah orang-orang yang adil. Karena kesaksian tidak dapat diterima melainkan hanya dari saksi yang adil.

Inilah kemuliaan yang Allah berikan kepada hamba-hamba yang dipilihNya. Allah beri kemulian tersebut kereka mereka memiliki ilmu. Hal ini sekaligus menjadi pembeda antara orang berilmu (ulama) dengan orang yang tidak berilmu.

Maka jadilah orang yang berilmu agar Allah menjadikanmu sebagai saksi bagi-Nya. Ilmu akan menjadikan kita sebagai seorang yang adil. Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda, "Ilmu ini akan dibawa oleh para ulama yang adil dari tiap-tiap generasi".

Pelajarilah ilmu dari ahli ilmu dengan mendatangi majelis ilmunya. Kita bisa menggunakan akhir pekan kita untuk berburu majelis ilmu di masjid-masjid di kota kita. Semoga Allah memberi hidayah kepada kita. [*]

#Quraniy #AfifuddinRohaly
BERITA TERKAIT
Kitakah yang Dengar Khutbah Iblis di Hari Kiamat?
Dua Keuntungan Sekaligus di Majelis Ilmu
Memperbanyak Puasa di Bulan Muharram
Orang yang Mendapatkan Kamar Khusus di Surga
Orang yang Paling Lemah
Puasa Asyura: Selisihi Yahudi Berpuasalah Dua Hari
Qadha Puasa Asyura Wanita Haid?

kembali ke atas