PASAR MODAL

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 14:21 WIB

IMF Nilai Ekonomi Global Kian Suram

Wahid Ma'ruf
IMF Nilai Ekonomi Global Kian Suram

INILAHCOM, Washington - Kepala ekonom di Dana Moneter Internasional (IMF) menjelaskan prospek ekonomi global terus suram.

"Ketika tahun ini berjalan, semakin sulit untuk menemukan titik-titik cerah itu," kata Gita Gopinath, Jumat (23/8/2019). "Ada potensi pemulihan, dan kami masih mengharapkan itu untuk banyak bagian dunia, tapi saya harus mengakui bahwa semakin sulit untuk melihatnya," jelasnya seperti mengutip cnbc.com

Komentar Gopinath muncul ketika pertumbuhan ekonomi di luar negeri melambat. Di Jerman, sektor manufaktur mengalami kontraksi. Sementara itu, ekonomi China tumbuh pada laju paling lambat dalam 27 tahun pada kuartal sebelumnya.

Perlambatan ini terjadi ketika China dan AS berperang satu sama lain.

China pada Jumat mengumumkan serangkaian tarif yang menargetkan US$75 miliar dalam produk AS. Autos AS adalah beberapa barang yang ditargetkan. Presiden Donald Trump meningkatkan situasi yang tegang dengan memerintahkan perusahaan-perusahaan AS untuk memindahkan operasi mereka dari Tiongkok.

Pertumbuhan global lemah, dan kami menggambarkannya rapuh. Ada banyak risiko penurunan. Salah satu risiko yang terus kami tandai adalah risiko di sisi perdagangan, kata Gopinath. "Perkembangan yang kami lihat baru-baru ini memberi kami perhatian besar tentang apa yang akan terjadi pada pertumbuhan di masa depan."

#BursaSaham #DolarAS #IHSG #TrumpEffect
BERITA TERKAIT
IHSG Coba Amankan Posisi, Ini Saham Pilihannya
IHSG Bisa Bergerak Melemah
Ini Dampak Serangan Drone ke Industri Minyak Saudi
Keuntungan di Bursa Saham Amerika Latin Capai 23%
Inilah Pemicu Produksi Minyak Mentah Saudi Turun
(Catatan Sepekan IHSG) Paruh September, Perdagangan Ditutup Positif
Harga Minyak Berjangka Tergelincir

kembali ke atas