TEKNOLOGI

Minggu, 25 Agustus 2019 | 08:08 WIB

Ini 10 YouTuber Terkaya Dunia, Ada dari Indonesia

Ini 10 YouTuber Terkaya Dunia, Ada dari Indonesia
(ist)

INILAHCOM, Jakarta - Bukan rahasia lagi bahwa YouTube dapat menjadi ladang subur untuk para kreator konten mendulang pendapatan berjumlah fantastis. Bahkan ada yang bisa meraup uang hingga puluhan hingga ratusan miliar per bulan.

Firma branding asal Inggris, Purple Moon Promotional Products, baru-baru ini mempublikasikan daftar 10 YouTuber terkaya di dunia. Menariknya, salah satu dari mereka adalah seorang YouTuber asal Indonesia.

Purple Moon menyusun daftar berdasarkan perkiraan jumlah pendapatan AdSense YouTuber dari jumlah views per bulan, di luar pendapatan lewat jalur lain seperti bisnis merchandise yang dimilki sebagian kreator.

Berikut ini daftar selengkapnya:

1. PewDiePie

Bernama asli Felix Kjellberg, YouTuber asal Swedia ini sering disebut sebagai 'raja' YouTube dan memang rutin menempati urutan teratas YouTuber terkaya.

Bagaimana tidak, PewDiePie sudah memiliki hampir 100 juta subscriber. Dengan subscriber sebanyak itu, jumlah views per video juga akan tinggi sehingga turut mendongkrak pendapatan AdSense.

Hasilnya, YouTuber pembuat konten gaming dan meme ini bisa menghasilkan uang hingga 6,5 poundsterling atau sekitar Rp112 miliar setiap bulannya.

2. Dude Perfect

Di posisi kedua ada Dude Perfect, channel yang sering mengunggah video-video 'lifehack' yang unik.

Channel yang diprakarsai oleh lima orang pria ini telah memiliki hampir 45 juta subscriber dengan pendapatan per bulan mencapai 2,8 juta poundsterling atau setara dengan Rp48 miliar.

3. VanossGaming

Selanjutnya ada VanossGaming, YouTuber gaming asal Kanada yang memiliki hampir 25 juta subscriber.

YouTuber dengan nama asli Evan Fong ini biasanya memainkan game first-person shooter Call of Duty Online dan bisa meraup hingga 2,1 juta poundsterling atau sekitar Rp36 miliar setiap bulannya.

4. DanTDM

Gamer asal Inggris, Daniel Middleton, ada di posisi berikutnya. Melalui channel YouTube DanTDM, dia biasanya membuat konten-konten game Fortnite dan Minecraft.

Menurut perkiraan Purple Moon, Daniel meraup sekitar 2,1 juta poundsterling atau Rp36 miliar per bulannya dari YouTube.

5. JuegaGerman

JuegaGerman merupakan YouTuber dan musisi asal Chile. Ia membuat konten-konten komedi dan beberapa gameplay Minecraft.

Ia juga menjadi pengisi suara si gajah besar bernama Julian di film Ice Age: Collision Course versi Spanyol.

JuegaGerman memiliki 36 juta subscriber dan per bulannya bisa meraup hingga 1,8 juta poundsterling atau sekitar Rp31 miliar.

6. Markiplier

Selanjutnya ada YouTuber gaming dengan channel bernama Markiplier.

Pria asal Hawaii bernama asli Mark Edward Fischbach ini biasanya membuat beragam video gameplay PlayStation 4 (PS4).

Ia telah memiliki 24 juta subscriber dan pendapatannya dari YouTube berkisar di angka 1,7 juta poundsterling atau sekitar Rp29 miliar.

7. Collins Key

Pesulap sekaligus alumni ajang pencarian bakat America's Got Talent ini ada di posisi berikutnya.

Di channel dengan nama aslinya sendiri, Collins Key, pria asal AS ini sering membuat video prank, komedi, serta konten tips dan trik.

Channel YouTube Collins Key memiliki 19 juta subscriber dengan penghasilan mencapai 1,7 juta poundsterling atau sekitar Rp29 miliar per bulan.

8. Jacksepticeye

Channel YouTube dengan logo mata ikonik, JackSepticEye, bertengger di posisi ini.

YouTuber bernama asli Sean McLoughlin ini adalah pria kelahiran Irlandia. Video-video yang ia unggah biasanya berbau konten gaming.

Channel YouTube-nya kini telah memiliki 22 juta subscriber dan per bulan, ia bisa mencetak uang sekitar 1,3 juta poundsterling atau setara dengan Rp22 miliar.

9. Smosh

Di posisi ini duo komedian Anthony Padilla dan Ian Hecox yang bergabung di dalam channel bermama Smosh.

Channel YouTube ini kerap mengunggah video-video komedi, konten curahan hati dengan seri bernama 'Sketches', dan parodi video musik populer.

Channel ini telah berhasil menarik sebanyak 25 juta subscriber dan ditaksir mendulang pendapatan yang berkisar di angka 1,3 juta poundsterling atau sekitar Rp22 miliar.

10. Atta Halilintar

Pria yang dikenal dengan gaya nyentriknya ini merupakan YouTuber dengan jumlah subscriber terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.

Sehari-harinya, pria asal Riau ini biasanya membuat konten-konten prank atau usil, komedi, dan konten 'Grebek Rumah'.

Channel YouTube Atta Halilintar kini diikuti oleh 18 juta subscriber. Per bulannya, ia diperkirakan bisa meraup pendapatan hingga 1,3 juta poundsterling atau setara dengan Rp22 miliar hanya dari YouTube saja.

#YouTube #YouTuber #terkaya
BERITA TERKAIT
20 Bos Otomotif Terkaya di Dunia (Bagian II)
20 Bos Otomotif Terkaya di Dunia (Bagian I)
(Pemilu AS 2020) YouTube Bolehkan Politisi Pesan Slot Iklan
Indosat Gandeng Facebook Luncurkan 'Internet 101'
Nikon Rilis Kamera Mirrorless APS-C Pertama
Google Maps Siap Dapatkan Mode Gelap
Samsung Bekali Galaxy S11 dengan Kamera Periskop?

kembali ke atas