EKONOMI

Senin, 26 Agustus 2019 | 05:09 WIB

Siasat Pelindo IV Integrasikan Logistik Pelabuhan

Siasat Pelindo IV Integrasikan Logistik Pelabuhan
(Istimewa)

INILAHCOM, Makassar - PT Pelabuhan Indonesia (Persero/Pelindo) IV Makassar terus melakukan pembenahan dan pengembangan demi mengikuti perkembangan zaman. Khususnya pada revolusi Industri 4.0.

Direktur Utama Pelindo IV, Farid Padang saat menjadi pembicara dalam Musyawarah Wilayah (Muswil) VI DPW Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Sulselbar) di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (25/8/2019), mengatakan, revolusi industri terus berkembang dan sekarang sudah memasuki era 4.0.

"Inovasi baru kami saat ini adalah digitalisasi pelabuhan untuk efisiensi. Salah satunya menerapkan e-pass guna mengurangi pungutan liar, sekaligus meminimalisir perlakuan kriminal dalam pelabuhan," ujar Farid.

Optimalisasi dengan sistem digitalisasi itu tujuannya untuk efisiensi. Kelak semuanya akan terintegrasi dengan e-ticketing dan e-pass pelabuhan pada tahun ini.

Farid mengatakan, jika di era Industri 4.0 ini menciptakan ekosistem antar-pemangku kepentingan menjadi keharusan demi terciptanya tujuan bersama yakni kesejahteraan. "Menciptakan ekosistem menjadi keharusan di era Industri 4.0 sekarang ini. ALFI dan pemangku kepentingan lainnya harus bisa bersinergi untuk tujuan besar bersama," katanya.

Dalam musyawarah wilayah ALFI itu, Farid menyampaikan, fokus utamanya yakni integrasi logistik, membangun kawasan ekonomi khusus (KEK) di dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) Makassar New Port.

"Jika terwujud, ini adalah industri pertama di dalam pelabuhan nantinya. Rencana pembangunan KEK juga kami rencanakan di Pelabuhan Pantoloan, Bitung, dan Sorong," ucapnya.[tar]

#PelindoIV #BUMN #BeaLogistik
BERITA TERKAIT
BGR Logistics Gandeng Grab Bikin Platform Anyar
Jangan Lupakan PT INKA, Warisan BJ Habibie
Dolly Dicokok KPK, Seger Naik PLT Dirut PTPN III
Bidik Bisnis Ritel, BGR Logistics Ajak Triplogic
(Patgulipat di BUMN) Bos Petrokimia Pernah Sekantor Komisaris Humpuss
BUMN Sarangnya Koruptor, Satu Lagi Digaruk KPK
Rombak Bos BUMN, Rini Bangkang dan Sewenang-wenang

kembali ke atas