NASIONAL

Senin, 26 Agustus 2019 | 01:14 WIB

ICW Sebut 20 Capim KPK yang Lolos Biasa Saja

Muhamad Yusuf Agam
ICW Sebut 20 Capim KPK yang Lolos Biasa Saja
Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana (Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana mengatakan 20 nama Calon Pimpinan (Capim) KPK yang Lolos seleksi di tahap berikutnya dianggap biasa-biasa saja. Bahkan, Kurnia menyebut 5 dari 20 nama yang akan jadi pimpinan KPK ini tak akan membuat masa depan lembaga anti rasuah ini cerah.

"Lolosnya 20 calon yang pada tahapan ini (profile assessment) tidak menggambarkan masa depan cerah bagi KPK ke depan," kata Kurnia kepada wartawan, Minggu (25/8/2019).

Kurnia menyebut ada beberapa nama dari 20 nama Capim KPK yang Lolos tahap berikutnya namun tak memiliki rekam jejak yang bagus.

"Ada juga beberapa nama yang dinyatakan lolos seleksi mempunyai catatan kelam pada masa lalu. Ini mengartikan bahwa Pansel tidak mempertimbangkan isu rekam jejak dengan baik," ucapnya.

Menurut Kurnia, dari 20 nama Capim KPK yang Lolos ada yang memiliki kode etik yang kurang baik. Namun, Kurni tak menyebut siapa sosok tersebut.

"Misalnya figur yang pernah diduga melanggar kode etik di lembaga terdahulu kita harapkan ditarik. Lalu ada figur-figur berdasarkan pemberitaan diduga pernah melakukan intimidasi terhadap salah satu pegawai KPK," ujarnya. [adc]

#ICW #CapimKPK
BERITA TERKAIT
Setelah Saut, Penasihat KPK Juga Ikut Mundur
Polri Sebut Irjen Firli Tak Langgar Kode Etik
Capim KPK Diharap Tandatangani Kontrak Jalankan UU
(Capim KPK) Firli Siap Bentuk Perwakilan KPK di Provinsi
ICW Minta Komisi III Pilih Pimpinan KPK Kredibel
Capim KPK, Irjen Firli Bantah Langgar Kode Etik
Irjen Firli Tegaskan Ikuti Semua Proses Seleksi

kembali ke atas