DUNIA

Senin, 26 Agustus 2019 | 07:39 WIB

Israel Serang Pasukan Khusus Iran di Suriah

Israel Serang Pasukan Khusus Iran di Suriah
(Foto: voanews)

INILAHCOM, Jakarta--Israel mengakui telah melancarkan serangan militer di dalam wilayah Suriah dengan sasaran tempat-tempat pasukan khusus Iran yang diklaim berencana melancarkan serangan terhadap Israel dengan menggunakan "drone maut".

Kepastian itu disampaikan oleh Benjamin Netanyahu, Perdana Menteri dan sekaligus Menteri Pertahanan Israel. Namun sejauh ini Iran belum memberikan komentar.

Netanyahu mengatakan,"Dalam operasi besar, kami berhasil menggagalkan serangan terhadap Israel oleh pasukan Qud Iran dan milisi-milisi Syiah."

Ditambahkannya operasi militer Israel beroperasi di semua sektor dalam menentang hal yang disebutnya sebagai "agresi Iran".

"Jika seseorang bangkit untuk membunuh kami, maka bunuh dia terlebih dulu. Saya telah memberikan pengarahan kepada pasukan kami untuk selalu siap menghadapi segala skenario," tegas Netanyahu.

Militer Israel merilis rekaman video yang menunjukkan empat orang sedang berjalan di tempat terbuka, salah satu di antara mereka membawa benda yang diidentifikasi sebagai "drone maut".

Ditambahkannya, pesawat-pesawat nirawak beserta serdadu Iran tiba di Bandara Damaskus dari Iran beberapa pekan lalu dan langsung dibawa ke kompleks yang dikendalikan oleh pasukan Qud Iran.

Selama ini Israel jarang sekali mengakui bahwa pasukannya beroperasi di dalam wilayah Suriah, negara yang mendapat dukungan dari Iran, selain Rusia, dalam perang saudara selama bertahun-tahun terakhir.

Israel diyakini telah melancarkan ratusan serangan di wilayah Suriah sejak perang saudara pecah tahun 2011, dengan tujuan menghadang langkah Iran mendekati wilayah Israel.

Menurut juru bicara militer Israel, serangan dengan sasaran pasukan Qud Iran dilancarkan pada Sabtu (24/8/2019) di Aqraba, di sebelah tenggara ibu kota Suriah, Damaskus.

Sejauh ini Iran belum memberikan keterangan atas klaim Israel. Sementara itu, seorang sumber militer Suriah, yang dikutip kantor berita Sana, mengatakan bahwa sistem penangkal pesawat Suriah "mendeteksi target-target musuh dari arah Golan menuju ke daerah di sekitar Damaskus".

"Agresi itu dengan cepat ditangani dan sejauh ini mayoritas rudal Israel berhasil dihancurkan sebelum mencapai sasarannya," ujar sumber tersebut. [bbc/lat]

#israel #iran #konflik
BERITA TERKAIT
Perempuan Iran Bisa Nonton Langsung Sepak Bola
Israel Ungkap Kota Kuno Berusia 5.000 Tahun
Warga Keturunan Arab Protes Israel
Pembagian Kekuasaan di Israel Buntu
Iran Hukum Mati Mata-mata CIA
Saudi Semakin Gemas terhadap Iran
Cerita Mantan Dubes AS Tentang Kelakuan Trump

kembali ke atas