EKONOMI

Jumat, 30 Agustus 2019 | 20:54 WIB

Begini Cara PLN Ajak Rakyat Peduli Kelistrikan

Indra Hendriana
Begini Cara PLN Ajak Rakyat Peduli Kelistrikan
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - PT PLN Unit Induk Ditribusi Jakarta Raya (Disjaya) mengandeng masyarakat untuk meningkatkan pengawasan infastruktur dan instalasi kelistrikan di kawasan hunian atau tempat tinggal mereka.

Tujuannya adalah untuk meminimalisir bahaya listrik yang memicu kebakaran. Apalagi sudah banyak terjadi kebakaran yang disebabkan Kosetling listrik.

Menurut Direktur PLN Bisnis Regional Jawa Bagian Barat Haryanto WS mengatakan, hal tersebut dilakikan karena PLN memiliki keterbatasan menjangkau instalasi kelistrikan yang ada di pemukiman masyarakat. Dengan demikian, perlu melibatkan masyrakat untuk melakukan pengawasan dengan membentuk komunitas peduli listrik dan juru pemantau listrik (jumantrik).

"Kami tahu bahwa tangan dan kemampuan PLN mengawasi dan mengotrol jaringan terbatas, dalam konsep ini kita berdayakan minta bantuan masyarakat," kata Haryanto, di Jakarta, Jumat (30/8/2019).

Sementara General Manager PLN Disjaya M Ikhsan Asaad mengungkapkan, komunitas pemantau listrik dan jumantrik bertugas melaporkan terkait masalah kelistrikan termasuk instalasi yang ada di pemukiman masyarakat. Dari sana PLN menindaklanjuti. "Misal ada instalasi kurang baik, kabel-kabel PLN yang jatuh misalkan," ujar dia.

Bantuan dari masyarakat ini, sambung dia, akan meminimalisir bahaya yang diakibatkan oleh arus listrik seperti hubungan arus pendek listrik yang bisa mengakibatkan kebakaran.

Program komunitas peduli listrik dan jumantrik baru diluncurkan PLN Disjaya pada Jumat (30/8/2019) di kawasan Jakarta Selatan, harapnya akan diperluas ke seluruh wilayah Jakarta. "Ini baru launching, nanti kita lihat apa satu RW atau keluruhan, nanti akan ada diklat supaya lebih memahami peran sebagai jumantrik," ujar dia.

Dalam kesempatan ini dia mengungkapkan, PLN sebelumnya sudah memeriksa instalasi listrik di rumah warga di DKI Jakarta dan sekitarnya. Kedepan PLN berharap pemerintah daerah bisa memberikan dukungan terhadap kegiatan ini. "Ada 3.000 instalasi yang kami periksa, intinya adalah ingin membrikan edukasi masyarakat mgenai kelistrikan, dan kami bantu instalasi," ujar dia. [ipe]

#PLN #Listrik
BERITA TERKAIT
PT PLN Tarakan Gunakan Lembaga Sertifikasi ESDM
PLN Listriki Ribuan Pelanggan di Mentawai
PLN Gandeng TNI Amankan Jaringan Transmisi
Keterbatasan Fisik,Tak Jadi Hambatan Bangun Negeri
73 Calon Pegawai PLN Jalani Pembinaan Karakter
Maknai Bulan Muharram PLN Santuni 560 Yatim Dhuafa
PLN Employer Branding di Poltek Negeri Kupang

kembali ke atas