TEKNOLOGI

Senin, 02 September 2019 | 05:30 WIB
(Mercedes-Benz EQV)

Inilah MPV Premium Full Listrik Pertama di Dunia

Inilah MPV Premium Full Listrik Pertama di Dunia

INILAHCOM, Jakartra - Mercedes-Benz sepertinya tidak terpaku mengembangkan mobil listrik untuk sedan dan SUV saja. Baru-baru ini, pabrikan mobil mewah asal Jerman tersebut menunjukkan kemampuan mengembangkan mobil listrik berjenis MPV dengan memamerkan Mercedes-Benz EQV.

Sudah jelas dari desainnya, EQV memiliki basis pengembangan dari V-Class model teranyar. Ada sejumlah ubahan yang dilakukan untuk penyesuaian, khusus di sektor dapur pacu.

Mobil bebas emisi ini mengadopsi mesin listrik ringkas (eATS) dengan tenaga 201 dk dan torsi puncak 362 Nm. Catatan kecepatan tertinggi yang bisa diraih mesin listriknya mencapai 160 km/jam.

Kumparan listrik yang berada di bawah kap mesin ini, disokong tenaga dari baterai lithium ion berkapasitas 90 kWh yang diletakan di bawah lantai. Diklaim tenaga yang ditawarkan cukup untuk mengantarkan mobil sejauh 405 kilometer.

Baterai ini memiliki teknologi water-cooled on-board charger (OBC) yang dapat diisi melalui pengisian daya bertegangan 11 kW. Sehingga sangat memungkinkan pengisian daya AC baterai di rumah menggunakan wallbox atau di stasiun pengisian listrik umum. Bahkan bila menggunakan tegangan yang lebih besar mencapai 110 kW, kapasitas baterai 10-100 persen cukup dilakukan satu jam.

Urusan desain tidak banyak berbeda dengan V-Class bermesin bensin. Di depan masih mengandalkan headlamps LED dan DRL yang dihubungkan grill berukuran besar. Perbedaan tampak di bumper depan karena lubang catu daya diletakan di samping kiri bumper depan.

[ikh]

#mercedes #MPV #listrik #mobillistrik
BERITA TERKAIT
Mazda Siapkan SUV Listrik di Tokyo Motor Show 2019
Hyundai Kenalkan Mobil Konsep Tenaga Listrik EV 45
Mobil Listrik Honda e Resmi Meluncur di Frankfurt
Melihat Seperti Apa Mobil Taksi Listrik Bluebird
Industri Mobil Listrik Lokal Masih Tunggu Regulasi
ABB Masih Meraba Pasar Mobil Listrik Lokal
Solusi ABB untuk Isi Baterai Mobil Listrik Lokal

kembali ke atas