TEKNOLOGI

Rabu, 04 September 2019 | 03:00 WIB

Aplikasi Edit Wajah Zao Dianggap Tidak Aman

Aplikasi Edit Wajah Zao Dianggap Tidak Aman
(ist)

INILAHCOM, Beijing - Setelah FaceApp, kini muncul aplikasi untuk mengedit wajah dari China, Zao, yang dapat mengubah wajah penggunanya menjadi selebriti terkenal.

Mengutip Reuters, Zao dirilis untuk perangkat iOS di China pada Minggu (1/9/2019). Popularitas Zao langsung meroket di negara asalnya, sampai Momo Inc, pengembang Zao, melalui media sosial Weibo menuliskan server mereka nyaris jebol karena lonjakan jumlah penggguna itu.

Untuk memakai Zao, pengguna harus mendaftar dengan memasukkan nomor ponsel. Setelah itu, mereka bisa mengunggah foto wajah. Pengguna bisa memilih video dari sejumlah artis terkenal lalu menggantinya dengan wajah mereka.

Selebriti yang masuk ke aplikasi Zao antara lain Leonardo DiCaprio dan Marilyn Monroe.

Jika foto telah selesai diedit, pengguna bisa membagikan foto itu ke media jejaring sosial.

Zao akhirnya mendapat kritik tajam setelah aplikasi tersebut viral. Para pengguna protes mengenai kebijakan privasi yang diterapkan.

Salah satu kesepakatan pengguna di Zao adalah konsumen yang mengunggah foto ke Zao setuju untuk memberikan hak kekayaan intelektual dan mengizinkan Zao menggunakan foto tersebut untuk tujuan pemasaran.

Zao melalui Weibo menyatakan akan mengatasi masalah tersebut.

"Kami sepenuhnya paham kekhawatiran orang terhadap masalah privasi. Kami menerima pertanyaan-pertanyaan kalian. Kami akan memperbaiki area yang belum kami pertimbangkan dan membutuhkan waktu," kata Zao.

Aplikasi Zao dibuat oleh Momo Inc. Perusahaan itu sebelumnya membuat aplikasi kencan yang lantas berubah menjadi layanan livestreaming. Momo Inc terdaftar di bursa New York Stock Exchange sejak 2014. [ikh]

#Zao #aplikasi #app #edit #China #privasi
BERITA TERKAIT
Porsche Pertimbangkan Pakai Baterai Buatan China
Kamus Digital Bahasa Bali Raih Penghargaan UNESCO
iPhone Terbaru Diprediksi Laris di China
(Demi Penuhi Pesanan iPhone) Foxconn Diduga Langgar Aturan Ketenagakerjaan
(Dalam Dua Tahun ke Depan) Jaguar Land Rover Siap Luncurkan 30 Mobil di China
Satuair, Aplikasi bagi Para Pecinta Ikan Hias
Peluncuran Huawei Mate 30 Berpotensi Ditunda

kembali ke atas