EKONOMI

Kamis, 05 September 2019 | 03:09 WIB

PLTA Sungai Kayan Siap Pasok Setrum Ibu Kota Baru

PLTA Sungai Kayan Siap Pasok Setrum Ibu Kota Baru
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko menilai, Kementerian PPN/Bappenas telah melakukan kajian kebutuhan sarana dan prasarana ibu kota baru di Kalimantan Timur. Termasuk pasokan listrik.

"Saya pikit sudah dianalisa secara baik oleh Bappenas, daya dukung untuk proyek pembangunan ibu kota, pasti sudah dihitung dengan baik," tutur Moeldoko di kantornya, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Menurut Moeldoko, adanya pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Sungai Kayan di Kalimantan Utara, nantinya turut mendukung pasokan listrik ke ibu kota baru.

"Jadi tidak perlu dipermasalahkan, apalagi nanti (PLTA) Sungai Kayan bisa menghasilkan (listrik) cukup besar yang tidak terlalu jauh dari Kalimantan Timur. Jadi menurut saya sudah terkalkulasi," tutur Moeldoko.

Diketahui, PLTA di Sungai Kayan akan dibangun sebanyak lima bendungan. Bendungan pertama menghasilkan 900 megawat, bendungan kedua 1.200 megawat, bendungan ketiga dan keempat itu 1.800 megawat lalu bendungan kelima 3.200 megawat. Sehingga jumlah keseluruhan itu 9.000 megawat.

Pembangunan mega proyek ini sudah ditetapkan sebagai proyek strategis nasional berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 58 Tahun 2018, sehingga secara periodik tentu akan dilaporkan kepada Presiden Jokowi perkembangannya. [tar]

#IbuKota #PemprovKaltim #PLTA #Listrik
BERITA TERKAIT
HTI Sukanto Tanoto Dicabut Demi Ibu Kota Anyar
PLN Gelar Employer Branding di Politeknik Kupang
Atasi Sampah, PLN Dukung Pembangunan PLTSa Solo
TNI-PLN Teken Mou Pengamanan & Pemeliharaan Setrum
Peduli Pendidikan, PLN Luncurkan PMMB Batch II
PLN Teken Kontrak Pembangunan 3 PLTU dan GI
Jadi Ibu Kota Baru, ESDM Tambah Jargas di Penajam

kembali ke atas