TEKNOLOGI

Minggu, 08 September 2019 | 11:11 WIB

Samsung Siapkan Ponsel Lipat Mirip Motorola Razr

Samsung Siapkan Ponsel Lipat Mirip Motorola Razr
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, New York - Samsung kabarnya tengah menggarap smartphone layar lipat terbaru mereka yang memiliki bentuk ala clamshell mirip Motorola Razr yang legendaris. Layar dilipat secara horizontal ke arah luar, bukan vertikal ke arah dalam seperti Galaxy Fold.

Dalam keadaan terlipat, smartphone ini pun tampak berbentuk persegi, alih-alih persegi panjang macam Galaxy Fold, smartphone layar lipat perdana Samsung. Dengan bentuk ringkas seperti itu, smartphone pun jadi lebih mudah dibawa dan dimasukkan ke dalam saku, demikian lansir Bloomberg.

Ukuran layarnya diperkirakan sebesar 6,7 inci atau tidak jauh berbeda dengan smartphone pada umumnya. Lagi-lagi, ini berbeda dari Galaxy Fold yang lebih mirip tablet saat layar dalam keadaan dibentangkan.

Smartphone layar lipat masa depan dari Samsung ini kabarnya juga akan dibekali dengan sebuah kamera selfie model punch hole pada bagian atas layar, layaknya Galaxy Note 10.

Dalam merancang smartphone ini, Samsung dikabarkan bekerja sama dengan desainer asal AS, Thom Browne. Ia adalah seorang perancang busana kenamaan yang juga pemilik brand fesyen 'Thom Browne'.

Tampaknya Samsung ingin memposisikan smartphone tersebut sebagai perangkat mewah yang ditujukan untuk para pengguna yang memperhatikan penampilan. Namun, baik Samsung maupun Thom Browne masih enggan untuk mengomentari kabar tersebut.

Beberapa waktu lalu, Samsung memang telah mematenkan sejumlah desain smattphone layar lipat anyar di kantor Hak Kekayaan Intelektual Uni Eropa. Dalam paten tersebut Samsung mengajukan tiga desain yang berbeda.

Baca juga: Samsung Patenkan Tiga Desain Galaxy Fold 2

Salah satu dari desain yang memiliki engsel yang ditempatkan secara horizontal. Sehingga perangkat dapat dilipat secara vertikal mirip seperti konsol Nintendo DS. Sementara dua desain lainnya memiliki bentuk serupa dengan Galaxy Fold.

Meski demikian, ketiga rancangan Samsung tersebut baru sebatas pengajuan paten dan bukan merupakan desain akhir. Pengajuan hak patennya bisa dibilang menjadi langkah antisipasi agar desain tersebut tidak ditiru atau diduplikasi oleh vendor lain. [ikh]

#Samsung #Motorola
BERITA TERKAIT
Samsung Bekali Galaxy S11 dengan Kamera Periskop?
Samsung Berdayakan Kreativitas Warga Kamal Muara
Samsung Siapkan Kehadiran Galaxy Note 10 Lite?
Gaet Dana-Gopay, Samsung Pay Meluncur di Indonesia
Samsung Rilis Chromebook 4 dalam Dua Ukuran Layar
Samsung Patenkan Ponsel Layar Fleksibel Geser
Tutup Pabrik, Samsung Bagi-bagi Ponsel ke Karyawan

kembali ke atas