EKONOMI

Minggu, 08 September 2019 | 04:09 WIB

Pemprov Jabar Buka Penerbangan Bandung-Pangandaran

Pemprov Jabar Buka Penerbangan Bandung-Pangandaran
Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Bandung - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil mengungkap rencana pembukaan rute penerbangan anyar dari Bandara Husein Sastranegara (Kota Bandung) ke Bandara Nusawiru (Kabupaten Pangandaran).

Hal itu disampaikan Kamil usai pertemuan dengan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jabar, Jumat (6/9/2019). "Kita sedang penjajakan, penerbangan akan dibuka dari Bandara Husein Sastranegara ke Nusawiru," kata Kamil.

Untuk harga tiket, lanjut Kamil, sekira Rp400 ribu-Rp600 ribu. Sementara, maskapai penerbangan yang akan digunakan, yakni Trans Nusa dengan pesawat ATR yang memiliki 70 kursi. Rencana ini menunggu respons masyarakat.

Sementara tiket mungkin sekitar Rp 400 ribu sampai Rp 600 ribu sekali pergi. Tiket dari Jakarta yang dua puluh menit Rp 400 ribu, sementara ke Pangandaran (dari bandung) 25 sampai 30 menit, jadi lebih mahal sedikit. Kalau reaksi (masyarakat) positif mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa kita mulai, ucapnya.

Kamil mengatakan, progres pengajuan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pangandaran masih dalam pengkajian. KEK masih diproses karena orientasinya masih ada yang kurang. KEK itu tidak boleh hanya untuk target market dalam negeri. Sedang diperbaiki perhitungannya, katanya.

"Tapi, saya optimistis Pangandaran di era saya ini bersama Pak Bupati akan melesat, karena di tahap berikutnya nanti akan ada penataan di Batu Karas, Batu Hiu, Karapyak. Tidak hanya di Pantai Barat dan Pantai Selatan, terminalnya kita perbaiki, sudah ngantri investor-investor baru juga ingin masuk ke Pangandaran," imbuh Kamil. [ipe]

#PemprovJabar #Pariwisata #Penerbangan
BERITA TERKAIT
Abe Talks II Ulas Kontribusi Besar Pariwisata 2030
Macet Buat Pariwisata di Bandung Merugi
Kementan: Ekspor Kakao Olahan Jabar Naik 17,6%
Pemprov Jabar Teken Pengembangan Project Thrive
(Hari Pelantikan Presiden) Commuter Rangkasbitung Hanya Sampai Kebayoran
TomaTomi, Cemilan dari Tomat Sabet UKM Award 2019
Sinergi PHM dan Elnusa Garap Cementing Sumur Rawa

kembali ke atas